Home » , » cara membuat magnet

cara membuat magnet

Written By made oka jaya diputra on Monday, February 4, 2013 | 6:43 PM

Pengertian magnet atau magnit adalah suatu obyek yang mempunyai suatu medan magnet. Kata magnet (magnit) berasal dari bahasa Yunani magnítis líthos yang berarti batu Magnesian.

Magnesia adalah nama sebuah wilayah di Yunani pada masa lalu yang kini bernama Manisa (sekarang berada di wilayah Turki) di mana terkandung batu magnet yang ditemukan sejak zaman dulu di wilayah tersebut. Kembali ke topik utama, untuk cara membuat magnet sederhana silahkan sobat lihat dibawah ini.


Cara Membuat Magnet Sederhana


Alat-alat yang dibutuhkan adalah:



1. Kabel yang berisi kawat tembaga (sehelai saja bila kabelnya rangkap dua)
2. Paku (kalau bisa pakunya yang agak panjang)
3. Baterai
4. Paper klip atau logam kecil lainnya (paku payung, jarum, dll)



Setelah bahan-bahan atau alat-alat untuk membuat magnet diatas sudah sobat sediakan, mari selanjutnya sobat baca dan ikuti langkah-langkah membuat magnet dibawah ini.


Langkah-langkah membuat magnet sederhana:


1. Kupas kulit kabel tembaga pada tiap jung-ujungnya
2. Lilitkan kabel tembaga pada paku (usahakan serapat mungkin)
3. Tempelkan ujung-ujung kabel tembaga pada baterai, dan tunggu beberapa saat
4. Untuk mengujinya coba dekatkan paku tersebut pada paper klip atau logam kecil lainnya
5. Coba amati apa yang terjadi?




Mungkin yang menjadi pertanyaan sobat disini adalah, bagaimana hal tersebut bisa terjadi? untuk jawaban dari pertanyaan sobat silahkan simak dan baca tulisan singkat dibawah ini:

Paku tersebut dapat bersifat seperti magnet karena ada proses yang dinamakan elektromagnetik. Di sekitar kawat berarus listrik itu terdapat medan magnet. Dalam percobaan ini, yang menjadi sumber listrik adalah baterai yang mengalirkan arus sepanjang kabel tembaga yang melilit paku. Semakin banyak lilitan maka semakin besar/kuat medan magnetnya. Akibat dari adanya medan magnet ini, maka paper klip/logam-logam kecil lainnya dapat menempel pada paku. Nah, sekarang coba sobat tambah jumlah baterainya. Kemudian amati apa yang akan terjadi?

Bagaimana menurut sobat dengan langkah-langkah membuat magnet sederhana diatas, jangan lupa beri komentarnya


Semoga Bermamfaat

Sumber : Cara Membuat Magnet Sederhana
Jangan lupa ya...!!!! KLIK DISINI dan DISINI



cara membuat magnet sederhana,membuat magnet , magnet unik dan menarik, torutorial membuat magnet ,
kerajinan membuat magnet,membuat magnet,membuat magnet membuat magnetmembuat magnetmembuat magnetmembuat magnetmembuat magnetmembuat magnetmembuat magnetmembuat magnetmembuat magnet membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet  membuat magnet membuat magnet 
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger