Home » , , » Fungsi dan Kisah Tapel atau Topeng Bali

Fungsi dan Kisah Tapel atau Topeng Bali

Written By made oka jaya diputra on Thursday, September 1, 2011 | 8:25 PM

bentuk karakter rahwana




Topeng atau dalam bahasa balinya disebut tapel merupakan titipan dari sang leluhur kepada kita . Sebab kita harus menjaganya dengan baik dan melestarikannnya..


  dalam tradisi hindu di bali khusuunya toprng merupkan hal yang sangat wajib digunkan untuk proses upacara adat daerah. baik itu upacara untuk manusia ataupun dewa.
di dalam budaya nusantar atau budaya leluhhur telah mengenal yang namanya topeng .konon  dahulu topeng itu  terbuat dari kayu khusus agar tahan lama. bukannya dari plastik maupun kertas. dan perhitungan pembuatannya pun memakai hari baik.  atu dewasa dalam bahasa bali.


     jaman dahulu kala ..atau jaman bali kuno topeng merupakan suatu benda yang sakral. Diistilahkan berisi roh yang mendiami suatu benda. atau mempunyai nyawa. (konon katanya)


topeng bangkung atau manusia babi
     sejak jaman dahulu kala topeng merupakan suatu benda yang digunakan untuk hiburan maupun upacara adat dan agama. dan fungsi tapel itu adalah untuk menegaskan karakter dari masing masing tokoh..


     sebagai contohnya. lambang merah melambangkan kemarahan adan keangkuhan kejahatan sedangkan topeng berwarna putih malah melambangkan sebaliknya. Topeng dalam bali lebih banyak dipengaruhi oleh budaya lokal setempat sehingga setiap wilayah di bali topeng itu tidaklah sama tapi beda-beda.


      contonya topeng sidakarya .yang dibilang merupakan hal terpenting dalam upacara yadnya di bali .atau upacara keagamaan di bali. dan fungsi topeng ini adalah sebagai penutup upacara  dalam istilah sebagai rasa terimakasih kehadapan tuhan. karena telah menyukseskan upacara yang telah dilaksanakan. selain itu ada topr\eng bondres, topeng ini digunakan untuk menghibur rakyat. ada pula tari jauk..dan fungsinya tidak jauh beda dari rasa terimakasih kepada tuhan.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger