Home » » Nikon Coolpix P80

Nikon Coolpix P80

Written By made oka jaya diputra on Saturday, July 9, 2011 | 9:54 PM

Dimanakah gerangan posisi Nikon dalam daftar saya ini? Ternyata dia ada di posisi buncit! Alasan pertama saya, Nikon terlambat untuk membuat prosumer di tahun 2008 ini. Kedua, saya hampir saja tidak memposisikan Nikon dalam sepuluh besar daftar saya, tapi karena sebenarnya super zoom dari Nikon yaitu Coolpix P80 ini kualitasnya cukup baik, bolehlah akhirnya dia mengisi di peringkat sepuluh daftar saya ini.
Tidak ada yang menonjol dari kamera beresolusi 10 MP dan lensa zoom 18x ini. Rentang lensa Nikkor 27-486mm ini mirip-mirip pesaingnya yaitu Lumix FZ18/28 dan Fuji S8000/8100. Tidak ada flash hot-shoe disini, tidak juga RAW file format, tidak juga HD movie recording. Kamera ini murni 18x zoom biasa yang secara spesifikasi bisa disejajarkandengan Fuji S8100, dengan layar LCD 2.7 inci, fitur manual yang lengkap, 1.1 fps burst mode dan in-camera distortion control yang mungkin berguna. Satu hal yang bisa dibanggakan adalah desain kameranya yang kecil dan keren, khas Nikon.
Itulah sepuluh prosumer terbaik versi saya, dan tentu anda boleh untuk tidak sependapat, sah-sah saja kok. Sebagai tambahan, saya berikan dua bonus untuk anda :
  1. Bagi yang merasa semua kamera diatas tidak ada yang hasil fotonya memuaskan, namun juga tidak ingin membeli DSLR, pertimbangkan kamera micro 4/3 yaitu Lumix G1 yang bersensor DSLR 4/3 dan berfitur prosumer (contrast-detect AF, electronic viewfinder dsb.) Dengan 8 juta rupiah, anda mendapat Lumix G1 plus lensa kit 14-45mm buatan Lumix.
  2. Bagi yang mencari produk prosumer lawas yang tidak kalah bagusnya, pertimbangkan Lumix FZ50 yang sempat jadi kamera favorit di masa lalu. Lensanya yang 12x zoom ini bisa diputar manual seperti DSLR, meski tidak ada elemen lensa yang maju mundur saat di zoom.
Demikian semoga daftar kamera prosumer ini bisa menambah wawasan pembaca sekalian. Update : Artikel ini dibuat tahun 2008 dan saat ini produk yang disebutkan di atas sudah diskontinu.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger