Home » » mengubah foto menjadi vektor

mengubah foto menjadi vektor

Written By made oka jaya diputra on Monday, January 10, 2011 | 7:35 PM

Tentunya sangat menyenangkan bila kita bisa mengubah semua photo diri kedalam bentuk vektor. Tapi itupun tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk membuatnya. Butuh ketelitian, ketelatenan dan kesabaran yang sangat tinggi. Jika anda bukan tipe orang seperti yang aku sebutkan di atas, lebih baik menyingkir dari tutorial ini. Hehehe…
Yang perlu disiapkan
Beberapa software grafis sebenarnya bisa digunakan. Tapi kemampuan tiap orang sangat berbeda dalam menggunakan setiap software. Beberapa software yang bisa digunakan adalah sebagai berikut :
1. Adobe Photoshop
2. Adobe Illustrator
3. Corel Draw
4. Macromedia Flash
5. Macromedia Fireworks
Sebenarnya, masih ada banyak software yang bisa digunakan, dan perlu diingat, kelima software di atas tidak tersedia padaku, kalau mau, beli sendiri.
Untuk orang-orang yang masih pemula seperti aku, aku sangat menganjurkan untuk menggunakan Macromedia Flash. Kenapa? karena semua software selain Macromedia Flash menggunakan node. Kalau ndak mengerti node itu apa, ya begitulah… :D
Kemudahan Macromedia Flash

Beginilah kemudahan Macromedia Flash, kotak di ujung kiri menunjukkan tool yang sedang digunakan. Pada gambar 1, anda hanya perlu menggunakan Line Tool untuk menggambar sebuah garis. Kemudian pada gambar 2, ketika anda mendekatkan kursor mouse pada garis tersebut, kursor mouse berubah gambarnya. Itu menandakan garis tersebut bisa kita lengkungkan cukup dengan drag mouse ke arah yang diinginkan. Pada gambar ketiga, garis lurus akhirnya menjadi lengkung. Mudah bukan? Berbeda sekali dengan sistem node yang aku bilang di atas.
Dasar dalam merubah photo anda ke dalam bentuk vektor hanya permainan mouse seperti di atas. Jika masih ada kesulitan, mungkin lebih baik anda mencoba berulang-ulang. Langkah awal memang selalu lebih sulit *halah*
Ambil photo terbaik anda
Sekarang waktunya memilah-milih mana photo yang akan rubah menjadi vektor. Dalam hal ini, andalah yang mempunyai keputusan absolut. Bahkan nantinya, photo jelek anda bisa menjadi ganteng seganteng-gantengnya, atau cantik secantik-cantiknya.*doh*

Untuk mengambil gambar, anda cukup menekan menu File di ujung kiri, kemudian pilih Import Image seperti yang di contohkan pada gambar di atas.
Setelah gambar muncul pada kanvas Macromedia Flash, lihat pada bagian atas sebelah kiri. Buat Layer baru, dan kuncilah layer gambar anda seperti yang dicontohkan pada gambar di bawah ini.

Kita mulai.
Sebelum memulai, anda harus siapkan mental terlebih dahulu, karena ini akan benar-benar membuktikan sampai dimana ketelitian anda. Tidak dianjurkan anda memulai membuat vektor setelah berlari pagi, atau sedang kesal dengan seseorang.
Mulailah pada bagian atas terlebih dahulu. Akan lebih baik anda menggunakan garis yang berwarna sangat mencolok seperti merah. Jangan lupa, anda harus menggunakan tipe garis hairline. Karena tipe garis inilah yang paling tipis diantara yang lain.

Langkah 1

Buat semua menjadi satu kurva (kurva adalah kumpulan garis yang tertutup). Seperti dicontohkan pada gambar di atas (lihat garis berwarna merah), aku menggunakan sebagian lengan baju sebagai contoh. Disana ada sebagian lipatan berwarna gelap, yang tidak ketinggalan dibuat kurva.
Langkah 2

Ketika selesai memberi kurva pada setiap bagian, jangan lupa memberi warna. Disini, insting anda sangat bermain dalam memberi warna. Kita bisa memberi warna lebih tua pada bagian lipatan, atau memberi gradasi warna pada bagian lain.
Langkah 3

Hapus garis merah, dan lihat hasilnya. Biasanya, pada percobaan pertama, anda akan merasa takjub. Hehehe…
Akhir kata
Selamat berkreasi, bagi anda yang ternyata masih kesulitan mengikuti tutorial ini, bisa langsung memintaku untuk membuat photo anda menjadi vektor. Tentunya, ehm.. ehm… ah sudahlah… gak tega jualan disini… :D
Share this article :

1 comments:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger