Home » , » cara mengeringkan buku yang basah

cara mengeringkan buku yang basah

Written By made oka jaya diputra on Thursday, January 24, 2013 | 6:04 PM



Buku yang basah biasanya akan rusak. Terutama jika basahnya disebabkan oleh banjir. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Simak tips mengeringkan buku setelah terendam banjir seperti yang dilansir dari eHow berikut ini.

* Pisah jenis buku yang memiliki halaman mengkilap atau pelapis khusus dengan yang biasa. Sebab perawatannya juga berbeda. Buku seperti itu sebaiknya ditangani oleh profesional. Sementara buku dengan kertas standar bisa diganti jika memang kondisinya terlalu parah.

* Bagaimana dengan kerusakannya? Jika buku mengambang di air selama berhari-hari, kemungkinan besar tali dam lem sudah longgar. Terutama jika buku sudah tumbuh jamur, sebaiknya jangan dibawa kembali ke rak seperti semula. Berbeda dengan buku yang baru saja terendam air, Anda bisa mengeringkannya dengan cepat.

* Gunakan paper towel untuk mengeringkan buku. Caranya, selipkan sebuah paper towel pada setiap halaman buku. Pilih merek paper towel berkualitas agar buku tetap aman dan proses pengeringan bisa berjalan dengan cepat.

* Mau tahu cara lebih cepat mengeringkan buku setelah terendam banjir? Gunakan popok bayi. Sebab popok punya kekuatan menyerap lebih cepat dan efektif. Jadi buku bukan hanya kering, tetapi juga mengurangi kelembapannya.

* Agar buku yang basah cepat kering, biasanya dibutuhkan kaleng atau sesuatu yang berat untuk menindihnya. Hal itu dilakukan demi mempercepat penyerapan air pada popok yang ditaruh di halaman dan paper towel pada setiap halaman buku.

* Terakhir, gunakan bantuan kipas angin agar buku benar-benar kering. Sentuh setiap halaman, apakah di dalamnya masih basah atau sudah kering. Jika sudah, jangan langsung disimpan. Biarkan buku berdiri tegak selama beberapa hari untuk memastikan tulang buku benar-benar kering.

Itulah tips mengeringkan buku setelah terendam banjir. Selamat mencoba!

source
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger