Home » , » cara membuat screen guard handphone sendiri

cara membuat screen guard handphone sendiri

Written By made oka jaya diputra on Monday, October 1, 2012 | 12:15 AM

Pernah kepikiran gak gan untuk membuat Screen Guard sendiri.? Screen Guard itu apaan sih.? Upzzz mungkin diantara agan-agan ada belum tau apa itu Screen Guard.? Ehm ehm. . . Screen Guard menurut KBBE (Kamus Besar Bahasa English)  berarti pelindung layar. Yang di maksud pelindung layar disini adalah plastik yang melapisi layar ponsel agar layar ponsel tersebut tidak gampang tergores oleh benda-benda tajam maupun kasar yang ada di sekitar kita. 

Sebenarnya bisa aja sih beli Screen Guard yang baru di Counter-counter ponsel. Namun sayangnya harganya lumayan mahal untuk ukuran sebuah “Plastik”.Untuk agan-agan yang berduit mungkin gak masalah ya 

Oke..agan-agan ingin tau bagaimana proses pembuatannya.? Ikutilah resep racikan berikut ini : 


Siapin dulu bahan-bahannya :
¤ Isolasi / Plakban besar yang bening
¤ Pisau Cutter / Silet
¤ Pensil / Bolpoint
¤ Penggaris
¤ Kaca / Cermin
¤ Minyak Kayu Putih ( jangan khawatir gak akan ngerusak layar karena minyak kayu putih gak pakai bahan kimia berbahaya )
¤ Cotton Butt (korek telinga) / kain
¤ Kertas Pelapis Bekas Stiker
Bahan-bahan diatas biasanya cukup mudah di temukan di sekitar kita kan gan. Sekarang kita praktekkan cara membuatnya.

Cara Membuat :

¤ Ukur layar ponsel dengan menggunakan PENGGARIS. Ukuran panjang dan lebarnya harus teliti Centimeter + milimeter-nya ya gan agar pas di layarnya nanti.


¤ Ambil sebuah kertas bekas pelapis stiker (bisa di ganti dengan kertas lain yang penting permukaannya licin, contohnya seperti pada kertas bekas stiker motor, salonpas dll). Tarik ISOLASI/PLAKBAN secara perlahan agar tidak menimbulkan bekas lem pada plastik, lalu tempelkan pada permukaan kertas yang permukaannya licin tadi.


¤ Ukuran plastik isolasi dan kertas bekas stiker tadi gak perlu sama. Yang penting plastik isolasi udah nempel dan ukurannya sesuai / bahkan boleh lebih dari ukuran layar ponsel juga gak apa-apa. Potong kelebihan plastik isolasi yang tidak menutupi kertas tadi. Plastiknya di rapikan menurut bentuk kertasnya aja gan.

¤ Balik kertas yang udah di tempel isolasi tadi ke belakang. Nah kita akan menjumpai sisi kertas bekas stiker tadi yang kasar untuk kita gambar. Dengan menggunakan pensil/bolpoint dan penggaris, gambarlah sebuah persegi sesuai dengan ukuran layar ponsel kalian masing-masing. Gambar garisnya harus teliti ukurannya agar pas di layar loh.


¤ Udah jadi gambarnya.? Gunakan sebuah kaca/cermin sebagai alas, letakkan kertas “calon” Screen Guard agan di atas kaca tersebut. Cermin/kaca disini berfungsi sebagai alas agar saat di potong pisau cutter/silet gak merusak permukaan meja kayu, selain itu agar hasil potongannya juga halus. Letakkan penggaris di garis persegi yang kalian buat tadi, luruskan dengan garisnya yach, setelah itu potong kertasnya dengan pisau Cutter/silet mengikuti letak penggaris agar hasilnya rapi.


¤ Untuk ponsel Touch Screen sebaiknya potong sedikit kertas plastik-nya di bagian atas untuk tempat sensor ponsel agar nantinya pada bagian area sensor gak akan ikut terlapis dengan plastik Isolasi tadi.

¤ Persiapan selanjutnya sebelum menempel “Screen Guard made in hand” agan adalah, terlebih dahulu bersihkan layar ponsel dengan minyak kayu putih beberapa tetes aja. Gosok seluruh bagian layar ponsel dengan menggunakan kain halus bersih atau cotton butt (korek telinga) untuk hasil maksimal sampai kinclong.


¤ Setelah kering basahi lagi layarnya dengan tetesan minyak kayu putih dan ratakan dengan cotton butt agar basahnya merata. Guna-nya ialah saat screen guard di tempel nanti pada layarnya gak akan muncul gelembung-gelembung udara yang ikut terjebak di dalam plastik.

Quote:
¤ Langkah terakhir, buka secara perlahan plastik isolasi screen guard dengan penjepit. Soalnya apa bila di kupas dengan jari maka sidik jari kita akan tertempel di plastik isolasi tersebut. Oh iya, buka plastiknya jangan semuanya. Tempelin bagian ujungnya aja di salah satu bagian layar, lalu ratakan pada bagian tersebut pelan-pekan dengan Cotton Butt. Pastikan gak ada gelembung udara yang “terjebak” di dalam plastiknya bro. Kalaupun ada ya gak apa-apa, nanti bisa di beresin di bagian akhir. Untuk selanjutnya gosok terus plastiknya pelan-pelan ampe seluruh bagian plastik menempel dengan sukses di layar ponsel.
Spoiler for pic
Quote:
Jikalau emang ternyata ada gelembung-gelembung udaranya ratakan aja dengan jari-jari mu gan. Mungkin gak semuanya gelembung-gelembung tersebut akan langsung ilang. Solusinya, tunggu aja ntar malam, besok paginya pasti tu layar bakal halus kayak kulit putri keraton gan. Ini akibat efek dari minyak kayu putih tadi. Hehehe. . .
Spoiler for pic
Di jamin, Screen Guard buatan sendiri kali ini bakal lebih awet gak copotnya di banding Screen Guard yang ada di pasaran. Lumayanlah dari pada gak pake Screen Guard sama sekali kan.?

Oh iya satu lagi, jika agan-agan ingin melepas Screen Guard ini lakukan dengan pelan-pelan . Tenang aja, gak bakalan ada bekas lem isolasi yang menempel di layar ponsel, sebab sebelumnya udah kita lapisi dengan minyak kayu putih sebelumnya walaupun udah dalam jangka waktu yang lama. Kalaupun “seandainya” ada bahan pelekat isolasi yang nempel di layar, dapat agan-agan bersihkan lagi dengan menggosoknya dengan minyak kayu putih. 


Gimana menurut agan? Ada yang mau menambahkan atau mempunyai ide yang lain.? Yang berminat silahkan mencoba trik ini . Gunakan kreatifitas masing-masing agar hasilnya maksimal.


sumber artikel dari kaskus.co.id
terima kasih untuk kaskus selamanya..
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger