Home » , » hiasan dinding dari tepung maizena

hiasan dinding dari tepung maizena

Written By made oka jaya diputra on Friday, April 27, 2012 | 7:48 PM


Berikut adalah kerajinan tangan berupa hiasan dinding dari bahan Tepung Maizena. Selain hiasan dinding dari bahan tepung maizena ini dapat dibuat berbagai pernak-pernik kerajinan unik lainnya, seperti : tempat lilin, kotak pensil, pigura, lukisan yang sangat menarik, gantungan kunci dan lain-lain. Bila ditekuni menjadi sebuah bisnis sampingan atau home industry dan bisa menghasilkan omzet jutaan rupiah. Sebenarnya selain dari bahan tepung maizena , kerajinan tangan bisa di buat dengan bahan clay ( bahan lilin ) namun dikarenakan clay mengandung unsur racun berbahaya maka lebih baik menggunakan tepung maizena.


Disamping ramah lingkungan juga aman untuk mainan anak-anak. Untuk modelnya bisa meniru dari model yang terbuat dari bahan clay. yang sudah beredar dipasaran. Nah, Untuk membuat hiasan dinding berikut bahan bahannya :



Bahan baku :
  1. Tepung maizena curah, 400 gr
  2. Lem fox 200 gr
  3. Air dan minyak goreng secukupnya

Bahan penunjang :
  1. Kertas karton
  2. Pewarna makanan ( merk grave dll )

Alat kerja :
  • Pisau kecil
  • Seruatn buah
  • Cetakan kue
  • Plastik untuk alas mencetak
  • gunting, dll

Langkah-langkah pembuatan :
  1. Campurkan Lem dan teung ke dalam wadah / toples kemudian tambahkan air dan minyak sedikit demi sedikit sambil diremas remas menggunakan tangan sampai adonan pulen.
  2. Ambil adonan sebesar ibu jari atau sebesar jari kelingking, bentuk bulat-bulat sebanyak 400 buah dan keringkan.
  3. Sambil menunggu kering buat juga dengan bentuk model lainnya dan jangan lupa beri warna yang menarik untuk model model hiasannya.
  4. Setelah terkumpul model nya satukan dengan lem fox pada bidang untuk hiasan dinding.
  5. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya jangan lakukan pengeringan menggunakan oven. Alangkah baiknya jika proses pengeringan dengan menggunakan panas matahari. Untuk efektifnya pengeringan dilakukan selama 1 hari. (tergantung mendung / panas).

Nah, setelah kering benar artinya hiasan dinding sudah jadi dan bisa di koleksi sendiri maupun dijual untuk bisnis sampingan anda. Semoga Bermanfaat.


Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger