Home » , , » membuat tempat pensil dari botol bekas

membuat tempat pensil dari botol bekas

Written By made oka jaya diputra on Wednesday, March 28, 2012 | 11:16 PM

artikel sumbernya...menysul...maaf

Hai,, hai,,
sudah lama nih nggak posting tentang tutorial recycling,,
tutorial kali ini masih menggunakan botol plastik bekas,, mudah mencari dan mengolahnya,, hehehe,,,

beberapa saat yang lalu, saya mengajarkan cara membuat dompet [bisa juga tempat pensil] ini pada murid  kelas VII untuk kelas kriya,,
senang rasanya melihat anak-anak antusias mengikuti kelas dan puas saat karya mereka sudah jadi,,
rasanya seperti punya workshop sendiri,, ahahaha,, [mupeng sama temen-temen yang suka bikin workshop *colek mbak puri dan mbak dita]

alat dan bahan yang perlu disiapkan cukup sederhana, antara lain:
1. 2 botol plastik ukuran 1.5 liter, 1 liter, atau 660 ml,, [tergantung keinginan sih]
2. cutter dan gunting
3. spidol besar
4. resleting berwarna, ukuran 30 - 40 cm
5. lem tembak atau lem UHU
6. hiasan [ini juga tergantung keinginan]

*sebagai catatan, saya hanya menjelaskan cara membuat dasarnya saja


     yang saya gunakan: botol fanta ukuran 1 liter dan resleting biru ukuran 40 cm,,
 
Pertama, beri tanda atau pola menggunakan spidol hitam pada badan benda,,
bila ingin membuat dompet, sebaiknya ukuran botol sama-sama pendek,,
untuk tempat pensil, sebaiknya salah satu berukuran lebih panjang dari yang lain seperti milik saya,,

ukuran panjang untuk bagian bawah, sedang yang pendek untuk tutupnya,,

kemudian potong botol sesuai pola menggunakan cutter dan rapikan dengan gunting,,


Lem resleting pada bagian luar botol, dari arah pangkal resleting,,
lem dulu bagian bawah sampai seperempat area,, bila sudah, lem bagian atas sampai menutup seluruh tepi botol,,
untuk diperhatikan ya, ketika mengelem, jangan sampai rel resleting ikut kena lem, jadi beri jarak rel resleting dengan tepi botol,,


Bila seluruh tepi suda tertutup resleting, pasti akan menyisakan ujung resleting beberapa centi,, sisa itu bisa dipotong atau dibentuk-bentuk sebagai hiasan,,

 sisa resleting saya bentuk bunga seperti ini,,

tempat pensil yang sukses pasti resletingnya bisa dibuka tutup dengan lancar,, ahahaha,,,


mudah kan?!?
coba ya ehehe,,
saya mengajarkan ini pada murid saya, kemudian mereka bebas menghiasnya,,
nanti saya publish foto-foto karya mereka,,

happy recycling!!! ^^
Share this article :

10 comments:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger