Home » , » cara membuat lem kertas untuk komersil

cara membuat lem kertas untuk komersil

Written By made oka jaya diputra on Wednesday, February 8, 2012 | 2:28 AM

http://alattulisku.com/img/p/376-737-large.jpg


Bagi semua pembaca tentu sudah tahu bagaimana membuat lem dari tepung aci atau sagu, tapi itu hanya dapat bertahan semalam dan keesokkan harinya telah basi atau mencair. Di sini saya ingin membagi-bagi pengalaman cara membuat lem kertas yang bertahan sampai berbulan-bulan. Dan bagi yang ingin menjadikan solusi ini untuk menjadi penghasilan itu lebih bagus.
Bahan-bahan :
80 gram tepung sagu / aci
120 gram air dingin
4 gram tawas (aluin)
8 cc glyserine
4 cc phenol liquid
Alat-Alat :
- panci
- gelas pengukur
- timbangan
- sendok plastik atau email
- kompor
Cara Membuat :
1. Masukkan tepung aci/sagu kedalam panci email khusus
2. Tuangkan air dingin kedalam panci lain. Taburkan bubuk tawas. Aduklah hingga tawas itu larut dalam air. (Tawas agak lama larutnya dalam air, karena itu aduklah terus menerus)
3. Tuangkan larutan air tawas itu kedalam panci yang berisi tepung sagu/aci. Aduklah terus menerus dengan sendok sampai seluruhnya larut. Jangan sampai ada tepung yang tidak larut.
4. Letakkan panci tersebut diatas kompor. Aturlah agar kompor apinya jangan terlalu besar . Cukup sedang-sedang saja. Sementara itu panci itu diaduk terus dengan sendok.
5. Setelah bahan lem kelihatan agak mengental, angkatlah panci itu dari kompor. Aduklah dengan cepat lagi isi panci tersebut agar lem yang dibuat itu kekentalannya rata dan halus. Bila tidak cepat mengaduknya, hasilnya tidak akan sempurna.
6. Dinginkan lem itu kira-kira 10 – 15 menit. Setelah menjadi dingin, tuangkanlah glyserine kedalamnya. Aduklah sekali lagi agar glyserine menyatu dan menjadikan lem menjadi lunak.
7. Teteskan Phenol Liquid. Aduk-aduk terus sampai lumat. (menyatu)
8. Lem / perekat tersebut sudah siap/jadi. Masukkanlah ke dalam pot-pot plastik. Tutup rapat-rapat dan simpan. Lem ini tahan berbulan-bulan dan tidak akan membusuk.
Silakan mempraktekkannya.

terima kasih untuk
= by Mr. Suniko =
http://www.uangpanas.com/?id=Pieter168    karena telah mengijinkan artikelnya dicopy
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger