Home » , » cara membuat boneka dari botol bekas

cara membuat boneka dari botol bekas

Written By made oka jaya diputra on Thursday, February 16, 2012 | 12:06 AM

Botol yang biasa berserakan bisa Anda manfaatkan kembali menjadi barang berharga. Salah satu pemanfaatan botol bekas ini yaitu dengan memberinya sentuhan kreasi menjadi aneka boneka unik dari berbagai belahan nusantara dan berbagai negara. Misalnya, menjadi boneka Madura, Jawa, Aceh, Korea, Jepang, dan India.
Cara membuatnya juga tidak sulit. Persiapkan bahan-bahannya, di antaranya botol plastik, seperti botol bekas shampoo, cologne, sabun cair, dan pemutih pakaian, kain perca, kain felt, payet, pita kain, benang wol hitam, dan bunga kain. Kemudian, sediakan alat-alat yang digunakan untuk pembuatan aneka boneka ini, yaitu gunting, lem, lem tembak, cat poster, spidol merah dan hitam, dan eyeshadow pink.  Setelah semua bahan dan alat tersedia, lakukan tahapan-tahapan dasar pembuatannya. Bersihkan botol-botol bekas tersebut dengan mencucinya hingga bersih, lalu keringkan. Lalu, botol-botol tersebut dicat dengan warna krem muda, terutama bagian atas yang berfungsi sebagai kepala.
Selanjutnya, Anda sudah bisa membuatnya menjadi boneka sesuai keinginan Anda. Yakni dimulai dengan memasang baju sesuai karakter yang diinginkan, pasang rambut dari benang wol hitam, baik bentuk sanggul, poni, atau sesuai selera Anda dan karakter boneka yang sedang dibuat.
Buatlah mata, alis, hidung dan mulut dengan spidol warna hitam dan merah. Lukis dengan karakter tersenyum. Sedangkan, mata boneka bisa dibuat sipit atau lebar sesuai karakternya, lalu pasangkan hiasan atau aksesori di baju dan rambut.
Berikut ini saya berikan contoh membuat “Boneka Jawa”:
boneka-jawa1Bahan:
- Botol bekas cologne
- Kain perca motif brokat, warna hijau tua
- Kain perca motif batik
- Benang wol warna hitam
- Manik-manik warna perak
- Pita warna perak
Cara Membuat:boneka-jawa2
- Cat bagian atas botol dengan warna krem atau salem. Bagian ini berfungsi sebagai kepala dan wajah. Keringkan. Setelah kering, beri ekspresi pada wajah dengan menggunakan spidol (mata, alis, hidung, dan bibir).
- Balut bagian bawah atau badan botol dengan kain perca motif batik. Beri lipatan-lipatan menyerupai wiron kain jawa.
- Pasang kain perca motif brokat pada bagian atasnya menyerupai baju kebaya. Beri hiasan pita warna perak untuk pinggir kebaya boneka.
- Pasang benang wol warna hitam di bagian atas botol. Buat seperti sanggul cepol di bagian belakang. Hiasi dengan bunga dan manik-manik warna perak sebagai aksesorinya.
Sedangkan untuk pembuatan boneka lain, Anda bisa mendapatkannya secara lengkap di buku“Membuat Boneka Lucu dari Botol Bekas” terbitan DEMEDIA. Buku karya Anthoni ini memberikan metode mudah dan praktis pembuatan aneka boneka lucu dan unik, mulai dari boneka adat dari berbagai daerah di Indonesia hingga boneka adat negara-negara Asia.
Selamat berkarya


 sumber artikel ini saya dapat dari rulianlazuardy.wordpress.com  dan terima kasih artikelnya
Share this article :

2 comments:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger