Home » , » buat topeng dari koran bekas

buat topeng dari koran bekas

Written By made oka jaya diputra on Thursday, February 16, 2012 | 12:18 AM



                       

sumber artikel : http://radencw.blogspot.com
 Berawal dari melihat kegemaran anak saya yang suka meniru pahlawan SUPER HERO idolanya,saya jadi berpikir untuk memberikanya hadiah berupa topeng2 sesuai karakter yang diinginkanya,tapi untuk membeli topeng2 karater tertentu sangat sulit ditemui,kalaupun ada harganya sangat mahal,padahal anak2 suka bosan dengan karakter yang ada

Maka saya berpikir untuk membuatkannya topeng,selain modalnya cukup murah hasil yang di dapat tidak mengecewakan,terbukti setelah topeng2 buatan saya jadi, peminatnya sangat banyak...hehehehe...bangga juga sih..,bukan cuma anak2...anak-anak muda dan anak band sampai ada yang mo pesen segala....,karna yang saya buat bukan cuma topeng anak2,tapi topeng2 serem juga,seperti topeng Band SLIPKNOT...ini saya bagi2 ilmu..,smoga bermanfaat...

Cara membuat topeng kertas sangatlah mudah
Bahan-bahan yang di butuhkan

1.Kertas koran bekas atau kertas jenis apa saja (asal tidak mengkilat)
2.Lem kayu atau lem kanji (buat sendiri)
3.Papan/alas untuk cetakan topeng
4.Cat untuk mewarnai
5.Gunting dan curter
6.karet gelang/karet celana (beli meteran)

CARA MEMBUATNYA:
Tahap Pertama,buat cetakan untuk topeng
Rendam kertas dengan air dan dihancurkan,hingga menjadi bubur kertas,lalu buat cetakan topeng yang anda inginkan,lalu di keringkan 1 sampai 2 hari (tidak terlalu basah)



Tahap kedua,membuat topengnya
Rekatkan lebar kertas demi kertas menggunakan lem ,mengikuti bentuk cetakan,hingga kira-kira  menutupi seluruh permukaan cetakan dan mencapai ketebalan yang di inginkan.

Tahap ketiga,keringkan ,angkat dari cetakan topeng yang telah kering,rapikan pinggirnya pakai gunting,lalu di cat sesuai keinginan dan keringkan..

Tahap keempat.tanam karet gelang/karet celana (beli meteran)di belakang topeng.(fungsinya untuk penahan saat topeng di pakai) ,lubangi tempat mata menggunakan curter

Untuk diketahui,hasil  topeng yang di dapat tergantung bagaimana kita berkreasi dan berkreatif....

SANGAT MUDAH BUKAN CARA MEMBUATNYA???
 SELAMAT BERKREASI.....
Share this article :

22 comments:

  1. Tumpang tanya mas, cara pembuatan cetakannya itu gimana ya? trims

    http://somedaly.co.cc

    ReplyDelete
  2. ini dibuatnya pake besi....yang dibentuk..
    ato ente beli aja topeng plastik di pasar pake cetakannya....
    **---terima kasih comentarnya---**

    ReplyDelete
  3. Kalau jenis catnya, yg paling bagus menggunakan cat apa ya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  4. bisa order gak ya ?

    ReplyDelete
  5. blog nya keren mas..
    panjang umur bikin sendiri jangan beli !!!

    ReplyDelete
  6. terima kasih sering berkunjung ya...!!!!

    ReplyDelete
  7. wah bagussssssssssssssssssssssssssssssssssss

    ReplyDelete
  8. Mmmmh...!
    Saya numpang tanya donk mas,cara nempelin kertas" yg di cetakan kan pake lem.emang ga bakalan rapat gtu mas sama cetakan topeng nya.
    Gimana tuh mas biar lepas dari cetakannya,kan pke lem...?

    ReplyDelete
  9. yah . itu dikasi minyak lapisan luarnya...
    kalo ngga ada minyak khusus pake minyak goreng aja..!!

    ReplyDelete
  10. kalau bisa tolong bikin video pembuatannya mas, supaya mudah di tiruinnya

    ReplyDelete
  11. kalau udah di buat gak cepat rusak tuh topengnya gan ?

    mungkin lebih baik kalau bikin video tutorialnya aja gan !

    ReplyDelete
  12. mungkin lebih baik kalau gan bikin video tutorialnya aja !!!

    ReplyDelete
  13. mungkin lebih baik agan bikin video tutorialnya !!!

    ReplyDelete
  14. uang jadi masalah cetakannya itu dari mana.

    ReplyDelete

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger