Home » , » buat tempat pensil dari bubur kertas

buat tempat pensil dari bubur kertas

Written By made oka jaya diputra on Friday, February 17, 2012 | 8:45 PM

artikel bersumber dari : http://recyclecreative.blogspot.com
 
Saat ini kotak pinsil bukanlah sekedar tempat menyimpan pinsil di atas meja kerja/belajar kita. Tapi kotak pinsil juga dijadikan sebagai pemanis pandangan, yang membuat pikiran kita fresh kembali saat didera lelah dan jenuh. Kita bisa membuat sendiri kotak pinsil cantik dari barang-barang bekas yang kita miliki.
Bahan dan peralatan yang kita perlukan adalah sebagai berikut:
  1. Bubur Kertas yang agak padat ( sedikit menggandung air)
  2. Botol plastik bekas.
  3. Papan triplek
  4. Lem kayu/plastik.
  5. Cutter
  6. Tinner
  7. Cat Kayu

Setelah bahan-bahan tersebut siap, cara membuatnya adalah:
  1. Potong triplek, 12 Cm x !5 Cm atau sesuai dengan ukuran yang kita hendaki. Triplek ini gunanya sebagai alas tempat pinsil kita.
  2. Potong botol plastik bekas menjadi dua bagian. Botol plastik ini digunakan sebagai tempat pensilnya. Kita bisa menggunakan bagian bawah/atas botol plastic sebagai tempat pinsil, bisa juga kedua-duanya. Karena itu, sesuaikan tingginya 10 Cm s/d 12 Cm, agar sesuai dengan panjang pensil/pulpen yang diletakkan di sana.
  3. Rekatkan Botol plastic yang telah kita potong ke papan triplek menggunakan lem plastik/kayu agar kuat.
  4. stelah botol plastic dan triplek merekat kuat. Baluti botol plastic dan triplek tersebut dengan bubur kertas yang telah kita sediakan hingga tertutup rapat keseluruhannya. Jangan terlalu tebal cukup ½ Cm saja.
  5. setelah semuanya tertutup rapat oleh bubur kertas, mulailah kreasi dengan menambah ornamen-ornamen yang kita buat dengan menggunakan bubur kertas. Berkreasilah sesuai kehendak hati kita. Kita bisa membentuk model benteng, taman bunga, pemandangan laut, dekorasi kamar, atau apapun yang dapat menjadikan kotak pinsil kita tampak cantik dan menarik.
  6. setelah  bentuknya telah jadi sesuai kreasi kita. Keringkan kotak pensil tersebut hingga bubur kertasnya sudah benar-benar padat dan melekat kuat ( kira-kira 1 hari).
  7. setelah dipastikan kering, barulah kita warnai kotak pensil tersebut dengan menggunakan cat minyak.
  8. Selanjutnya, sebagai langkah terakhir. Setelah cat tersebut mengering, kita lapisi dengan tinner agar catnya dapat bertahan lama, tidak cepat pudar dan tampak mengkilat.
Untuk menambah kecantikannya kita juga bisa menambah ornament-ornamen lain selain dari bubur kertas, seperti manik-manik, pasir putih, pita dan sebagainya. Selamat berkreasi (YSG-PB).

Petunjuk Gambar:







Share this article :

1 comments:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger