Home » , » Cara membuat patung lilin

Cara membuat patung lilin

Written By made oka jaya diputra on Friday, September 9, 2011 | 12:51 AM

Madame Tussauds adalah sebuah museum lilin terkenal di London, Inggris, dengan cabang-cabang di beberapa kota besar di dunia.

Museum ini pertama kali didirikan oleh pematung lilin Marie Tussaud (1761-1850). Dan kini telah berkembang menjadi sebuah tujuan wisata di London.


Museum ini telah memiliki cabang di Amsterdam, Las Vegas, New York City, Hongkong, Shanghai, Hollywood-Los Angeles, dan Washington D.C

Lalu langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk membuat patung lilin ini sampai bisa mirip sama tokoh asli nya?


1. Mengumpulkan Informsi Dari Tokoh Aslinya


Langkah awal yang dilakukan para pematung serta asistennya adalah mengumpulkan semua informasi yang diperlukan untuk membuat sebuah patung lilin baru, yaitu mengukur tubuh.

Ada sekitar 200 pengukuran berbeda yang dilakukan terhadap tubuh seorang tokoh. Proses ini dapat dilakukan di hotel, ruang pertemuan atau rumah tokoh tersebut, memakan waktu 1-3 jam.



2. Mencetak Tangan




Bagian tangan tidak akan dibuat manual dengan tanah liat, melainkan mencetak tangan asli tokoh tersebut ke dalam cairan semacam karet (alginat), karena proses pembuatan tangan manual dinilai sulit untuk menyamai aslinya.



3. Pencetakan Kepala



Cetakan gypsum kepala yang seperti puzzle disusun kembali dan direkatkan dengan tali yang kencang, kemudian direndam ke dalam air hangat agar lembab dan mudah untuk dilepas dari wax yang akan dituang ke dalamnya.

Wax (beeswax) yang masih panas (74 derajat C) dituangkan ke dalam cetakan tersebut hingga penuh dan didiamkan 60 menit hingga lapisan terluar mengeras. Sisa wax di dalamnya dikeluarkan, sehingga yang dipakai adalah kepala wax berongga.



4. Moulding (Membuat Cetakan Negatif)


Kepala tanah liat yang sudah jadi kemudian akan dimoulding (membuat cetakan negative) menggunakan plaster (gypsum). Setelah jadi, cetakan tersebut akan dibelah menjadi beberapa bagian agar mudah dibongkar pasang ketika menuangkan wax.

Cetakan plaster inilah yang akan disimpan, agar dapat dipakai berkali-kali jika dibutuhkan. Patung tanah liat yang sebelumnya dibuat tidak akan terpakai lagi, dan akan dihancurkan



5. Membershkan Sisa Cetakan Lilin Pada Model


Setelah wax berbentuk kepala telah jadi, kepala tersebut dilepaskan dari cetakannya untuk kemudian diperiksa dan dibersihkan. Warna dan ukurannya tidak lupa dicek terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa kepala tidak menyusut atau bermetamorfosis di dalam cetakan.

Setelah itu, seniman wax mulai bekerja untuk menghapus garis sambungan yang terbentuk ketika mencetak. Mereka bekerja dengan peralatan kayu, menggosok lipatan dari sisi ke sisi untuk meratakan daerah tersebut.

Bola logam digunakan untuk membakar bag. Mata untuk membuat ruang bola mata. Teknik yang sama digunakan untuk membuat ruang untuk gigi.


6. Pengukiran Kepala dan Bentuk Wajah


Setelah menyusun semua foto referensi, dan mengambil gambaran posisi dan ekspresi. Pematung mulai membuat kepalanya. Diawali dengan pembuatan cetakan yang terbuat dari clay pada rangka kawat. Setelah bentuk dasar sudah terlihat, dilanjutkan dengan detail bagian wajahnya dengan bantuan calipers.

Pematung akan mengukir ekspresi yang paling menarik. Proses pembuatan kepala ini sampai selesai dapat mencapai waktu 5 minggu. Biasanya yang menjadi favorit para pematung yaitu pemain sepak bola yang sedang berteriak, karena akan terlihat sangat nyata.



7. Pembuatan Gigi


Untuk menciptakan senyum sempurna, diperlukan banyak informasi yang berbeda seperti bentuk gigi, tata letak, warna dan warna gusi. Jika beruntung, selama interview seniman juga meminta selebriti untuk membuat cetakan gigi mereka dengan menggigit gigi dempul.

Semua gigi yang digunakan dibuat oleh perusahaan efek khusus (persis gigi palsu dari dokter gigi). Menempelkan gigi palsu ini menggunakan wax lembut yang masih lengket, seiring waktu wax akan mengeras mencegah gigi untuk bergerak.



8. Pembuatan Bagian Tubuh


Membuat bagian tubuh merupakan proses yang sangat rumit. Dibutuhkan banyak perencanaan dan persiapan sebelum memulai dengan tanah liat. Pertama-tama, membuat kerangka atau frame tubuh.

Kerangka kaki terbuat dari tiang logam yang kuat, sedangkan lengan terbuat dari aluminium fleksibel. Biasanya proses ini membutuhkan waktu satu minggu. Setelah rangka jadi, baru bisa melekatkan tanah liat, dan membentuknya. Terkadang ada juga request dari sang tokoh agar lebih berotot.



9. Pemasangan Rambut



Setiap rambut dimasukkan satu per satu ke dalam kepala. Dan akan ada lebih dari 10.000 rambut di satu kepala. Dibutuhkan sampai 4 minggu untuk memasukkan rambut hingga penuh menutupi kepala.

Rambut yang digunakan adalah rambut asli manusia yang disumbangkan, sehingga dapat dicuci, dipotong dan membuat gaya pada rambut.


Kepala lilin dipanaskan perlahan dengan lampu hangat untuk membuat penyisipan lebih mudah dan lebih rapi. Setiap helai rambut dimasukkan ke dalam lilin dengan menggunakan alat kecil (lihat gambar di bawah) yang dibuat dengan memotong mata jarum jahit biasa menjadi garpu kecil.


Para seniman rambut berhati-hati untuk mengikuti pola pertumbuhan rambut yang unik dari masing-masing selebriti, memastikan mahkota rambut dan perpisahan berada di tempat yang tepat. Rambut kemudian dikeramas, dikeringkan dan dipotong meniru gaya rambut sang tokoh.



10. Penyelesaian Akhir


http://hazuki11.files.wordpress.com/2011/02/shah-rukh-khan-wax.jpg

Semua bagian tubuh dari kepala, tangan, tubuh hingga kaki sudah siap untuk disatukan. Tehnik akhirnya adalah memasangkan baju ataupun gaun pada model patung tersebut. Agar terlihat lebih hidup, biasanya patung dibuat dalam pose sesuai dengan karakter unik sang tokoh aslinya

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger