Home » , » Aneka Kerajinan Kerang Cantik Kualitas Ekspor

Aneka Kerajinan Kerang Cantik Kualitas Ekspor

Written By made oka jaya diputra on Sunday, September 4, 2011 | 9:40 AM

indosiar.com, Rembang - Beraneka macam cangkang kerang laut yang bertebaran di tepi pantai ternyata dapat diolah menjadi beragam suvernir yang cantik. Nilai ekonominya pun tinggi, bahkan pemasarannya hingga sampai ke mancanegara. Di perkampungan nelayan di Desa Tasik Agung Rembang, Jawa Tengah inilah kerajinan tangan berbahan cangkang kerang laut dengan mudah ditemukan.
Adalah Suryadi, salah seorang pengrajin hiasan berbahan kerang laut yang telah tujuh belas tahun menekuni kerajinan ini. Berbagai hiasan cantik tercipta, berupa figura foto, patung dan berbagai hiasan lainnya.
Proses pembuatan suvernir ini cukup mudah. Untuk membuatnya, hanya dibutuhkan kerang yang berlimpah di pantai, triplek, dan lem kayu. Pembuatan kerajinan ini diawali dengan mengoleskan lem kebagian yang akan ditempeli kerang. Selanjutnya kerang ditempelkan sesuai pola yang telah direncanakan. Buah tangan berbahan kerang ini dijual dengan harga tiga ribu rupiah, hingga tujuh puluh ribu rupiah.
"Untuk pemasaran sendiri adalah Solo, Yogyakarta, Semarang, Kudus, Pati juga diekspor hingga ke mancanegara. Sedangkan harganya itu sangat bervareasi dari seribu sampai tujuh puluh lima ribu", Ujar Suryadi pengrajin suvernir kerang laut ini. Selain dijual disejumlah lapak di Rembang, Jawa Tengah, suvernir di tangan Suryadi juga telah diekspor hingga ke Amerika Serikat. (Agus Hermanto/Sup)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger