Home » » sejarah sepeda lipat

sejarah sepeda lipat

Written By made oka jaya diputra on Sunday, July 31, 2011 | 11:04 PM

Cerita Sepeda Lipat (SELI)




Quote:
Seperti fixie, sepeda lipat (seli) juga termasuk populer di kalangan penggendara sepeda. Namun, tahukah Anda apa itu seli sebenarnya? Simak berikut ini.

Seli merupakan sepeda yang dirancang agar bisa dilipat ke dalam bentuk yang kompak. Ketika dilipat, sepeda ini menjadi sangat mudah untuk dibawa kemana saja atau disimpan. Mekanisme lipatnya pun beragam, mulai dari yang menawarkan kombinasi kecepatan melipat, kemudahan melipat, kekompakan, berat, ketahanan dan harga.
Spoiler for kuning:

Makin rumit mekanisme lipatnya, struktur yang diperlukan pun makin rumit, butuh banyak onderdil. Seli bisa lebih mahal dibanding sepeda biasa. Seli diperuntukkan bagi komuter yang menekankan kenyamanan dan kemudahan. Dibanding sepeda konvensional, seli memiliki ruang penyesuaian yang lebih lebar.

Basis roda seli sendiri serupa sepeda biasa. Beberapa manufaktur memproduksi seli yang dirancang dengan sistem lipat yang memungkinkannya memakai roda 26” seperti pada Montague Corp. Sepeda-sepeda yang ukurannya lebih kecil dari sepda Brompton seing disebut sepeda portabel.
Spoiler for putih:

Terdapat tiga cara melipat seli. Yakni, lipat setengah, lipat segitiga, dan campuran antara lipat dan bongkar. Mengabaikan cara lipatnya, seli mudah dibawa dan disimpan. Seli sangat cocok untuk komuter perkotaan. Terlebih mereka yang tinggal di apartemen, seli merupakan pilihan paling sempurna.

Banyak pihak yang mengklaim sebagai penemu sepeda lipat (seli). Nyatanya, seli sudah ada sejak lama. Seperti apa?

Seli tak akan muncul jika sepeda tak diciptakan. Ahli sejarah mungkin tak akan pernah bisa mengidentifikasi kapan sepeda diciptakan. Beberapa orang mengklaim, Leonardo Da Vinci menciptakan sepeda berdasarkan sketsa yang ditemukan di Codex Atlanticus. Meski sketsa ini dinyatakan palsu, Da Vinci masih disebut sebagai pencipta sepeda.
Spoiler for hitam:

Sebelumnya, terdapat beberapa ‘pra-sepeda’ (PS) yang diciptakan sebelum sepeda muncul. PS pertama mungkin adalah ‘celerifere’ yang dikembangkan oleh orang Prancis bernama Mede de Sivrac pada 1790. PS ini terdiri dari dua roda yang terhubung oleh besi yang dirancang seperti kuda atau singa.

Tak ada mekanisme menyetir atau pedal pada PS yang digunakan untuk menghibur orang kaya ini. Pada 1818, Baron Karl Von Drais dari Jerman menunjukkan ‘Draisienne’ di Paris namun PS ini masih tak memiliki pedal. Pada 1860, Ernest Michaux dan adiknya Piere menambkan pedal pada roda depan dan disebut ‘Velocipede’.
[Spiler=velocipede]

Pada 1885 saat teknologi sepeda Inggris maju, ‘sepeda biasa’ pun muncul. Terdapat persaingan mengakui seli dan semuanya mendokumentasikannya dengan sangat meyakinkan. Terdapat beberapa dokumen hak paten yang merujuk pada ‘tricycle’ dari 1880 dari perusahaan Bayliss Thomas di Inggris dan Pope Manufacturing Company di Amerika Serikat (AS).
Spoiler for tricycle:


Pria Inggris William Grout diyakini sebagai penemu seli di 1878 namun kemudian temuannya berupa roda depan lipat dan rangka yang bisa dibongkar membuatnya lebih dikenal sebagai sepeda ‘portabel’. Pada 1980, dua peristiwa signifikan sejarah seli terjadi. Pertama, Andrew Ritchie mulai memproduksi seli Brompton di 1981.

Kemudian di 1982, Dr David Hon mulai memproduksi seli Dahon pertama. Kedua merek ini sangat terkenal hingga kini. Dahon sendiri menjadi pembuat seli terbesar dunia dengan penguasaan pasar 60%. Seli pertama Hon disebut ‘Da Bike’. Seiring waktu, popularitas seli makin dikenal terutama di Eropa, Asia dan kota besar AS.

Saat ini terdapat lebih dari 100 pembuat seli dan jumlahnya terus bertambah. Kesimpulannya, sejarah seli relatif nyata dan tak sepenuhnya komprehensif karena akan terus bertambah seiring berjalannya waktu
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger