Home » » membentuk tubuh dengan diet vegetarian

membentuk tubuh dengan diet vegetarian

Written By made oka jaya diputra on Saturday, July 9, 2011 | 3:42 PM


FAT-LOSS-PROGRAM-UNTUK-VEGETARIAN
Setiap orang tentunya mendambakan untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal. Bagi Anda yang ingin menurunkan kadar lemak berlebih dalam tubuh Anda, pastinya semua itu memerlukan pengaturan pola makan yang baik, latihan yang disiplin dan teratur, istirahat yang cukup serta pemilihan suplemen yang tepat. Namun bagaimana jika Anda adalah seorang vegetarian?
Panduan ini disusun khusus bagi Anda, para vegetarian, yang berisi tentang semua yang ingin Anda ketahui untuk memperoleh tubuh idaman Anda mulai dari pola makan, olahraga dan suplementasi untuk membantu program Anda.
PERTANYAAN YANG SERING MUNCUL
Apakah Vegetarian Itu?
Vegetarian adalah sebutan bagi orang yang mengikuti pola diet vegetarian yaitu yang hanya makan makanan nabati atau yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, dengan atau tanpa telur dan susu, dan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging, unggas, ikan ataupun semua hasil olahannya.
Apa Saja Jenis Vegetarian Itu?
Vegetarian ada bermacam-macam jenisnya. Ada 8 macam tipe vegetarian yaitu:
  • semi vegetarian atau disebut juga flexitarian (masih bisa mengkonsumsi ikan, daging, susu dan telur)
  • lacto-ovo vegetarian (merupakan tipe vegetarian yang paling umum disebut sebagai “vegetarian” saja, yang mana masih boleh makan telur dan produk susu, tidak makan daging)
  • lacto vegetarian (boleh makan produk susu, tapi tidak makan telur atau daging)
  • ovo vegetarian (boleh makan telur, tapi tidak makan daging)
  • vegan (hanya makan makanan nabati)
  • fruitarian (hanya makan buah-buahan serta kacang-kacangan dan biji-bijian)
  • pesco vegetarian atau pescetarian (bisa makan ikan tapi tidak makan daging lainnya)
  • pollo vegetarian (boleh makan daging unggas, tapi tidak makan daging lainnya)
Di samping itu masih ada jenis vegetarian lain seperti macrobiotic, di mana dalam diet ini lebih banyak konsumsi makanan segar seperti buah dan sayur segar, kacang-kacangan, bijian-bijian dan sesekali mengkonsumsi ikan.
Apakah Program Fat Loss Pada Vegetarian Itu?
Fat loss pada vegetarian adalah penurunan berat badan pada vegetarian, di mana dalam program ini untuk tipe lacto-ovo vegetarian, dengan menurunkan kadar lemak tubuh dan merupakan program pembentukan tubuh bagi vegetarian yang dilakukan dengan cara mengatur pola makan, latihan teratur, suplementasi dan istirahat yang cukup untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal yang diinginkan. Dengan menjalankan disiplin dan menaati keempat aspek tersebut, tubuh ideal akan mudah didapat.
Apakah Suplemen Itu?
Suplemen adalah makanan tambahan yang berguna memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh untuk membantu metabolisme dan fungsi tubuh Anda agar mampu bekerja secara optimal.
Apa Kegunaan Suplemen di Dalam Program Diet Vegetarian?
Suplemen yang dipakai di dalam diet vegetarian berguna untuk mencukupi berbagai nutrisi penting seperti protein, kalsium, besi, dan vitamin B 12 yang biasanya tidak cukup jika didapatkan dari makanan sehari-hari saja. Dengan tercukupinya kebutuhan nutrisi ini akan membantu metabolisme dan fungsi tubuh bekerja lebih baik sehingga pembakaran lemak dan pembentukan tubuh pun berlangsung optimal.
Apakah Suplemen Membuat Anda Ketagihan dan Mempunyai Efek Negatif Terhadap Kesehatan?
Suplemen tidak dapat membuat Anda ketagihan dan tidak mempunyai efek negatif selama dikonsumsi sesuai aturan.
Apa Itu Ultimate Nutrition?
Ultimate Nutrition adalah merek sebuah suplemen berkualitas yang diproduksi oleh Ultimate Nutrition Inc. yang berlokasi di Farmington, CT. United States.
Dalam program diet vegetarian, Anda perlu memperhatikan 4 poin:
  1. Pola Makan yang Baik, artinya makan 5-6x sehari dengan menu tinggi protein, rendah karbohidrat dan rendah lemak serta mencukupi semua kebutuhan nutrisi termasuk vitamin dan mineral terutama kalsium, besi dan vitamin B 12. Tujuannya untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan menajamkan massa otot kita.
  2. Pola Latihan yang Disiplin dan Teratur, artinya menu latihan dalam seminggu rata untuk semua bagian otot kita. Contohnya kita ingin membentuk otot perut tapi tetap perlu memperhatikan latihan kaki. Selain itu, usahakan selalu mendahulukan otot besar (dada, punggung, bahu, kaki) baru otot kecil (lengan, perut dan betis) saat melatih dalam 1 sesi.
  3. Pola Istirahat yang cukup, artinya kita merusak otot dalam sesi latihan dan istirahat memperbaiki otot kita menjadi lebih besar dan kuat. Sehingga kualitas dan kuantitas istirahat yang tinggi akan sangat membantu kita mencapai tujuan.
  4. Pola Suplemen yang tepat, artinya kita mesti jeli memilih jenis suplemen yang akan membantu program kita. Contohnya dalam program Fat Loss untuk vegetarian, suplemen yang dibutuhkan adalah protein (bisa Soy Protein ataupun Whey Protein), pembakar lemak (Ultra Ripped Fast Acting Formula atau L-Carnitine) serta multivitamin dan multimineral (Daily Complete Formula).
POLA MAKAN
Pola makan pada diet vegetarian haruslah direncanakan sebaik mungkin sama seperti diet bagi non vegetarian dan harus dipastikan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dasar seperti protein, lemak baik, karbohidrat, vitamin dan mineral.
Untuk pola makannya, perhatikan pemilihan bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, yaitu Anda bisa mengganti makanan yang memang tidak bisa Anda konsumsi dengan makanan lain. Misalnya Anda termasuk lacto-ovo vegetarian yang tidak bisa mengkonsumsi daging, maka Anda bisa mengganti menu daging dengan telur, susu atau keju yang masih bisa Anda konsumsi.
Berikut ini contoh pola makannya:
Sarapan
Snack Pagi
Makan Siang
  • 100 gram tempe / tahu
  • 1 butir telur rebus
  • 50 gram beras merah (posisi belum masak)
  • 200 gram sayuran
  • 1 butir Daily Complete Formula
Snack Siang
  • 1 potong roti gandum utuh / 3 sendok makan oatmeal
  • 2 slice keju rendah lemak / 1 cup yogurt rendah lemak dan gula
  • 1-2 sendok makan selai kacang / 2-3 sendok makan kacang hijau rebus
Sebelum Latihan
Sesudah Latihan
Makan Malam
  • 100 gram tempe / tahu
  • 200 gram sayuran
Sebelum Tidur
Catatan:
  • Contoh pola makan di atas adalah contoh menu untuk Lacto-ovo vegetarian. Dan bagi vegan, menu telur, keju atau yogurt bisa diganti dengan makanan nabati lain, misalnya kacang-kacangan (kacang hijau, kacang merah, kacang kering seperti almod, dan sebagainya), Soy Protein, selai kacang, tempe, tahu dan lain-lain.
  • Makanan yang ideal adalah rendah lemak, rendah karbohidrat dan tinggi protein. Jenis makanan berlemak adalah yang digoreng, jenis makanan yang memiliki sifat karbohidrat simple adalah nasi putih, roti putih, gula, kue, es krim dan biskuit, sedangkan karbohidrat yang bisa dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal, ubi, roti gandum. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein seperti tahu, tempe, kedelai dan kacang-kacangan, serta ikan, telur, susu dan olahannya, juga mengandung kalsium seperti bayam, kedelai dan olahannya, brokoli, almond, wortel, serta susu dan hasil olahannya, juga tingkatkan makanan kaya zat besi, seperti tahu, kacang, bayam, kedelai, buncis, dll.
  • Pengolahan boleh dimasak dengan direbus, dibakar, atau dipanggang asal tidak digoreng dengan minyak, menggunakan bumbu sarat lemak atau menggunakan gula. Garam diperbolehkan, tetapi dalam jumlah yang sangat kecil (garam diet lebih disarankan).
  • Porsi menu diatas dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh Anda.
  • Waktu untuk mengkonsumsi menu diatas tidak mengikat, dapat disesuaikan bagi yang latihan di pagi hari. Yang penting usahakan makan 5-6x sehari dalam porsi yang kecil.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger