Home » » latihan cara memperkuat tukang

latihan cara memperkuat tukang

Written By made oka jaya diputra on Saturday, July 9, 2011 | 3:57 PM


Latihan untuk memperkuat tulang anda bag 1
Latihan merupakan komponen penting untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang Anda. Latihan teratur adalah kunci penting untuk mencegah osteoporosis. Banyak orang mengira tulang adalah suatu struktur padat seperti bebatuan, tetapi itu tidak benar. Tulang adalah jaringan hidup yang terus berubah. Kepadatan tulang yang paling optimal biasanya terjadi antara usia 20 hingga 30 tahun, dan kemudian perlahan-lahan menurun. Pada wanita, beberapa tahun pertama setelah menopause adalah saat di mana terjadi percepatan terjadinya osteoporosis. Nah, sebelum mengetahui latihan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk membuat tulang Anda lebih kuat dan mencegah terjadinya osteoporosis, berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu.
Pengaruh Postur Tubuh yang Baik dan Buruk
Bagaimana kita berdiri, duduk, dan bergerak dapat menentukan tekanan yang diberikan pada tulang punggung kita. Dilihat dari samping, tulang belakang berbentuk seperti kurva S. Jika Anda bisa mempertahankan bentuk kurva alami ini, maka tulang Anda akan sepuluh kali lebih kuat. Postur dan gerak tubuh yang baik dapat mengurangi maupun mencegah nyeri punggung dan melindungi tulang belakang Anda terhadap fraktur atau patah. Jadi bagaimanakah postur tubuh yang baik itu?
  • Ketika berdiri, sebuah garis imajiner harus menghubungkan telinga, bahu, dan pinggul Anda secara vertikal. Jangan mengunci lutut, tetapi berdirilah dengan kaki lurus. Jaga agar kurva punggung Anda dalam bentuk yang baik dan normal.
  • Kemudian ketika duduk, sebaiknya hindari duduk dalam posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama. Duduklah di kursi yang akan membuat punggung Anda lurus. Tarik dagu dan kepala Anda ke depan sehingga posisi kepala Anda tegak. Ketika bangkit dari kursi, geser tubuh Anda ke depan tanpa membungkuk lalu kemudian berdiri.
  • Untuk bergerak dan mengangkat sesuatu, jaga agar posisi punggung tetap tegak. Gunakan kaki Anda, bukan punggung Anda, saat Anda mengangkat bahkan benda yang ringan, kemudian jongkok dan jaga dada tetap tegak. Hindari membungkuk ke depan. Ketika mengangkat, pegang benda yang Anda angkat dekat dengan tubuh Anda. Hindari pula gerakan memutar. Jaga agar jari kaki Anda menunjuk ke arah Anda bergerak.
Untuk bergerak, berdiri, berjalan, dan aktivitas lain dalam postur tubuh yang lebih baik memang membutuhkan banyak latihan sebelum menjadikannya sebagai kebiasaan seahri-hari. Tapi hasilnya adalah kesehatan Anda untuk jangka panjang. Amati berapa kali Anda membungkuk dan berapa jam Anda duduk setiap harinya. Amati pula cara Anda melakukan kegiatan sehari-hari entah itu membersihkan bak mandi, menggendong anak, mengambil tas atau dompet, berolahraga, berkebun, duduk di depan komputer, bahkan saat Anda menonton TV. Mulailah sedikit demi sedikit perubahan. Buatlah upaya yang konsisten untuk memperbaiki postur dan gerakan Anda untuk melindungi tulang Anda. Nah, di artikel berikutnya Anda akan mengetahui latihan apa saja yang perlu Anda lakuk
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger