Home » , » cara buat gelembung sabun

cara buat gelembung sabun

Written By made oka jaya diputra on Sunday, July 31, 2011 | 11:46 PM

Cara Membuat Larutan Gelembung Sabun yang tahan lama
Siapa yang belum pernah bermain balon sabun? Hampir semua anak pernah bermain balon sabun. Di masakecildulu saya membuatnya dari sabun cuci dilarutkan air, kemudian dengan bantuan sedotan, saya celupkan di cairan sabun kemudian ditiup dan muncullah balon udara. Senang sekali rasanya bisa membuat balon sabun. Kini, tidak perlu repot-repot membuat cairan sabun, karena cairan balon sabun dijual di keramaian kota.
Balon sabun adalah film tipis dari air sabun dengan permukaan warna-warni. Balon sabun biasanya cuma bertahan beberapa detik kemudian buyar sendiri atau karena menyentuh benda lain. Kulit balon sabun terdiri dari lapisan tipis air yang terjebak di antara dua lapisan molekul, biasanya sabun. Balon sabun terbentuk karena permukaan cairan (biasanya air) memiliki tegangan permukaan, yang menyebabkan lapisan itu elastis. Namun balon yang dibentuk dari cairan saja tidak stabil dan sabun biasa dilarutkan di dalamnya untuk membuat balon stabil.
Balon sabun yang ditiupkan di udara dengan suhu di bawah −15 °C akan membeku ketika menyentuh sebuah permukaan. Udara di dalamnya akan keluar secara perlahan melalui proses difusi, sehingga akhirnya balon tersebut menciut. Pada suhu di bawah −25 °C, balon akan membeku di udara dan dapat pecah ketika jatuh ke tanah.
Berikut ini ada cara membuat balon sabun  berwarna pink atau biru dengan menggunakan tinta yang mudah dihapus sehingga tidak meninggalkan bekas saat balon mendarat dan pecah ke benda lain.
  • Campur deterjen dan air. Deterjen itu bisa sabun cuci buat baju atau piring.
  • Tambahkan sodium hidroksida dan larutan indikator secukupnya. Agar warna terlihat jelas, campur lebih banyak larutan indikator. Setiap liter larutan balon membutuhkan 1 – 1/2 sampai 2 sendok teh phenolphthalein (warna merah) atau thymolphthalein (warna biru).
  • Tambahkan sodium hidroksida sampai larutan terlihat berwarna (sekitar setengah sendok teh). Sedikit lebih banyak sodium hidroksida akan membuat warna lebih bertahan lama.
  • Sebagai tambahan encerkan dahulu larutan indikator dengan alkohol sebelum dicampur dengan larutan sabun. Sekaligus juga masukkan sodium hidroksida. Bisa juga membuat balon-balon sabun itu terus berwarna sebelum mendarat. Saat balon itu mendarat dan pecah, warna akan hilang. Buzz! Caranya adalah dengan menambahkan sedikit minuman soda.
  • Kalau punya tinta yang bisa hilang, bisa ditambahkan kedalam larutan sabun.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger