Home » » Canon PowerShot SX1 IS, Usung Fitur HD Video

Canon PowerShot SX1 IS, Usung Fitur HD Video

Written By made oka jaya diputra on Saturday, July 9, 2011 | 9:19 PM

Canon sebagai salah satu pemain lama dalam bidang kamera kembali melepas satu produk kamera digital yang punya kemampuan handal sekaligus cukup mudah dioperasikan. Meski bukan termasuk kamera DSLR, namun kamera berbodi besar ini sudah mampu memberikan kualitas hasil bidikan yang cukup memuaskan.
Canon PowerShot SX1 IS
Sekilas melihat spesifikasi yang disebutkan oleh sang produsen saja kita sudah bisa memperkirakan kualitas kamera ini secara keseluruhan. Ada lensa 28mm dengan kemampuan optical zoom sampai 20x dan sensor CMOS berukuran 1/2,3 inci dengan kemampuan 10 megapixel. Meski ini tergolong standar untuk ukuran kamera digital keluaran terbaru, namun dengan kualitas 10 megapixel bisa dipastikan bahwa hasil bidikan sudah lebih dari sekedar mencukupi.
Hasil bidikan kamera ini cukup tajam dan cemerlang serta tak terlihat gejala sharpening yang dilakukan prosesor kamera ini. Kalaupun ada, mungkin tak terlalu menyolok sehingga masih dalam batas bisa diterima. Seperti biasa gejala chromatic aberration pasti ada. Tapi ini cukup wajar dan biasa terjadi pada kamera-kamera dengan kemampuan zooming tinggi.
Canon PowerShot SX1 IS
Yang cukup menarik adalah tidak nampaknya gejala barrel distortion dan blur pada tepi foto yang biasanya selalu terjadi malah tak terlihat pada hasil bidikan kamera ini. Sedangkan warna-warna primer seperti merah dan biru juga terlihat cemerlang tanpa menjadi over saturated. Mungkin memang sedikit terlihat kurang alami namun ini masih bisa dimaklumi. Bila Anda tak suka, Anda toh masih bisa mengolah hasilnya lewat peranti lunak penyunting gambar yang ada di komputer.
Dari sisi performa, kamera ini cukup responsif sehingga Anda tak akan kehilangan momen-momen penting saat 'berburu' gambar. Start-up time hanya memerlukan waktu sekitar 1,7 detik sementara jeda antar proses pengambilan gambar juga hanya 1,5 detik. Jika Anda menggunakan burst mode maka kamera ini akan mengambil gambar dengan kecepatan sekitar 4,2 frame per detik.
Canon PowerShot SX1 IS
Sebagai tambahan, kamera ini juga mampu merekam video dengan kualitas resolusi sama dengan HD camcorder (1080p). Hasil rekamannya pun cukup memuaskan dengan tingkat grain yang cukup minim. Meski tak berarti bahwa kamera ini mampu menggantikan fungsi camcorder namun hasil rekamannya sudah cukup memadai.
Jadi, jika Anda mencari kamera digital yang handal namun tak mau terlalu repot dengan pengaturan manual pada kamera DSLR, bisa jadi kamera ini pas buat Anda. Good Gear Guide yang sempat menguji kamera ini juga memberikan nilai tinggi pada kamera keluaran Canon ini. Kamera yang dijual dengan harga US$700 atau setara Rp 7.500.000 ini mendapat nilai 4 bintang lebih dari 5 bintang yang disediakan situs ini.
Spesifikasi:
Sensor:1/2.3 inch CMOS 10 megapixel
Lensa:35mm film equivalent
Zoom:20x optical, 4x digital
Viewfinder:Electronic viewfinder with dioptric adjustment
LCD Monitor:2.8 inch vari-angle LCD monitor with high resolution
Maximum Aperture:f/2.8 - 8.0 (W), f/5.7 - 8.0 (T)
Shutter Speed:15 - 1/3200 sec.
White Balance:Auto, Daylight, Cloudy, Tungsten, Fluorescent, Fluorescent H, Flash, Custom 1
Flash:Built-in with red-eye reduction
Shooting Modes:Auto, P (Program), Tv (Shutter Priority), Av (Aperture Priority), M (Manual), C (Custom), Portrait, Landscape, Night Snapshot, Sports, Special Scene (Indoor, Night Scene, Sunset, Long Shutter, Foliage, Snow, Beach, Fireworks, Aquarium, ISO 3200, Color Accent, Color Swap), Movie Standard, Movie HD
Efek Foto:-
Media Penyimpanan:SD Memory Card, SDHC Memory Card, MultiMediaCard, MMCplus card, HC MMCplus card
Format File:JPEG, MOV
Interfaces:USB, HDMI
Dimensi:124 x 88.3 x 86.9 mm
Situs Resmi:www.canon.com.au
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger