Home » » fakta makanan instan

fakta makanan instan

Written By made oka jaya diputra on Wednesday, June 22, 2011 | 9:51 PM

Kemajuan jaman membuat segala sesuatu harus dilakukan dengan cepat. Tidak terkecuali dalam menyiapkan hidangan untuk disantap. Banyak dari kita yang memiliki kesibukan luar biasa, sampai tidak sempat untuk makan, lebih memilih untuk menyantap makanan instan seperti mie instan ataupun frozen cooked food. Tapi tahukah anda bahwa makanan instan yang anda konsumsi tersebut memiliki bahaya terhadap kesehatan anda?
Mie Instan yang sering sekali kita santap, memang sangat terlihat lezat dan tentu saja cepat untuk disajikan serta harganya yang tidak mahal. Namun coba deh anda simak penjelasan berikut ini sebelum anda memborong mie instan untuk stok makanan anda. Mie instan ini sangat kaya akan karbohidrat, namun kadar vitamin dan mineral serta fiber sangat rendah sekali. Bentuknya yang kering pun merupakan hasil penggorengan yang membuatnya kaya akan trans fat yang bisa menyebabkan penyakit jantung koroner karena trans fat ini berperan meningkatkan Kolesterol LDL (kolesterol jahat). Selain itu, bagi anda yang gemar menyantap mie instan kuah, tahukah anda bahwa makanan tersebut lebih banyak mengandung MSG (Monosodium Glutamat) dan sodium yang sangat tidak baik untuk kesehata anda? Ada lagi mie instan yang siap saji yang biasanya diseduh dalam kemasan styrofoam. Zat-zat berbahaya yang terkandung dalam kemasan bisa berpindah dengan mudah ke makanan karena suhu tinggi.
Makanan siap saji beku atau yang kita kenal dengan nama Frozen cooked Food yang penyajiannya hanya memerlukan sebuah alat yaitu Microwave, ternyata juga menyembunyikan beberapa zat yang berbahaya bagi tubuh kita. Biasanya didalam makanan siap saji beku ini banyak sekali kadar garam yang berfungsi untuk membantu suhu makanan tetap dingin. Namun demikian makanan yang satu ini walaupun sudah beku tetapi juga tidak lepas dari penggunaan zat pengawet. Sebelum dibebukan makanan ini juga sudah dimatangkan dengan menggunakan Partially Hydrogenated Oil yang juga menghasilkan trans fat seperti layaknya mie instan.
Melalui artikel ini penulis ingin menyampaikan beberapa bahaya yang tersebunyi dalam makanan yang sangat sering kita konsumsi, termasuk penulis sendiri. Namun bukan berarti kita sama sekali tidak boleh mengkonsumsi makanan yang sudah dijelaskan diatas. Kita boleh saja, namun harus dibatasi, sebagai contoh mie instan, cobalah untuk mengkonsumsinya 2x saja dalam seminggu. Dan juga pastikan untuk selalu periksa kesehatan secara rutin.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger