Home » » penyebab pilek

penyebab pilek

Written By made oka jaya diputra on Wednesday, February 2, 2011 | 2:00 PM

Apa itu pilek, dan apa penyebabnya?
Common cold atau dalam bahasa Indonesia disebut Pilek, dikenal sebagai infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas, sebuah penyakit menular yang dapat disebabkan oleh beberapa jenis virus, Lebih dari 200 jenis virus diketahui menyebabkan terjadinya pilek. Namun karena begitu banyak virus yang berbeda dapat menyebabkan pilek dan karena virus pilek baru terus-menerus mengembangkan, tubuh manusia tidak dapat membangun perlawanan (antibody) terhadap jenis virus tersebut. Karena alasan ini, pilek adalah masalah yang sering terjadi dan terus berulang. Pada kenyataannya, anak-anak di TK dan SD bisa memiliki tiga sampai 12 kasus pilek per tahun sementara remaja dan orang dewasa biasanya memiliki dua untuk empat kasus pilek dalam setahun. pilek adalah penyakit yang paling sering terjadi di dunia, dan merupakan penyebab utama orang berkunjung ke dokter dan absen dari sekolah dan tempat kerja.

Apa saja gejala penyakit Pilek?
Gejala pilek termasuk hidung tersumbat atau berair, sakit atau gatal tenggorokan, bersin, suara serak, batuk, dan mungkin demam dan sakit kepala. Banyak orang dengan pilek juga merasa lesu dan lemah. Gejala ini biasanya berlangsung antara tiga sampai 10 hari.



Bagaimana terjadinya penularan pilek?
Pilek biasa biasanya ditularkan melalui sentuhan langsung (hand-to-hand) dengan secret (cairan) yang terinfeksi atau dari permukaan yang telah terinfeksi. Sebagai contoh, jika seseorang dengan tubuh telah terinfeksi pilek menyentuh hidung mereka dan kemudian menyentuh orang lain, orang kedua tersebut kemungkinan bisa menjadi terinfeksi dengan virus. Selain itu, virus pilek dapat hidup pada benda lain di sekitar kita seperti pena, buku, telepon, keyboard komputer, atau cangkir kopi selama beberapa jam dan dengan demikian sesorang dapat terjangkit dari bersentuhan dengan benda-benda ini.

Apakah pilek ada hubungannya dengan terpapar oleh cuaca dingin?
walaupun pilek biasa biasanya terjadi pada musim gugur dan musim dingin, cuaca dingin itu sendiri tidak menyebabkan pilek biasa. Sebaliknya, diperkirakan bahwa selama musim dingin orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan di dekat satu sama lain, sehingga memfasilitasi penyebaran virus. untuk alasan yang sama, anak-anak di tempat penitipan anak dan sekolah sangat rentan untuk terjangkit pilek.

Apa perbedaan antara pilek dan influenza (flu)?
Banyak orang yang bingung dengan perbedaan antara pilek biasa dengan influenza (flu). Influenza biasanya disebabkan oleh virus influenza, sedangkan pilek biasa umumnya tidak. Walaupun beberapa gejala pilek dan influenza mungkin mirip, pasien dengan pilek biasanya memiliki penyakit yang lebih ringan. Sementara pada pasien dengan influenza biasanya lebih parah dan memiliki lebih banyak mengalami keluhan dengan demam, menggigil, sakit kepala, nyeri tubuh, batuk kering, dan kelesuan yang berat.
Meskipun membedakan antara flu dan pilek itu sulit, telah tersedia tes laboratorium untuk mengkonfirmasi diagnosa influenza

Apa pengobatan untuk pilek biasa?
Sebenarnya tidak ada pengobatan yang specific untuk pilek. Perawatan dirumah (istirahat) lebih dianjurkan untuk mengurangi gejala yang berhubungan dengan pilek dan membiarkan ini penyakit berakhir dengan sendirinya.
Untuk mempercepat penyembuhan penyakit pilek ini, pasien diajurkan untuk banyak beristirahat dan minum air yang cukup. Obat yang dijual bebas (tanpa resep dokter) seperti permen tenggorokan, semprotan tenggorokan, penghilang batuk, dan sirup obat batuk dapat dipakain untuk mempercepat penyembuhan. Obat jenis Dekongestan Seperti pseudoephedrine (Sudafed) atau antihistamin dapat digunakan untuk gejala-gejala pada hidung. Saline Spray dan Humidifier mungkin juga bermanfaat.
Acetaminophen (Tylenol, dan lain-lain) dan ibuprofen (Advil dan lain-lain) dapat membantu meringankan demam, sakit tenggorokan dan nyeri tubuh.

PERINGATAN: America Food and Drug Administration-Badan obat dan Makanan Amerika (FDA) merekomendasikan bahwa obat batuk dan pilek yang dijual bebas tidak boleh digunakan pada anak-anak dibawah 2 tahun karena bisa berakibat serius dan berpotensi mengancam nyawa karena efek samping dapat terjadi.
Jangan berikan aspirin atau obat yang mengandung aspirin pada anak-anak atau remaja karena diberitahukan dapat menyebabkan suatu kondisi berbahaya (walaupun jarang terjadi) yang disebut Reye's syndrome.

Apakah pemberian antibiotik yang cocok untuk penyakit pilek?
Tidak, Antibiotik bekerja untuk mengobati penyakit pilek . Antibiotik efektif terhadap penyakit yang disebabkan oleh bakteri, dan pilek adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Tidak hanya antibiotik tidak membantu, tetapi juga dapat menyebabkan reaksi alergi yang bisa berakibat fatal (1:40,000). Selain itu, dengan menggunakan antibiotik ketika itu tidak diperlukan telah mengakibatkan beberapa jenis bakteri umum menyerang menjadi resisten terhadap antibiotik tertentu (termasuk satu yang biasanya menyebabkan infeksi telinga pada anak-anak). Untuk alasan ini dan lainnya, penting untuk membatasi penggunaan antibiotik untuk situasi di mana tidak ada indikasi medis untuk menggunakannya.
Meskipun kadang-kadang infeksi bakteri, seperti kita sinusitis atau infeksi telinga bagian tengah, dapat berkembang setelah terjadinya pilek, pengobatan dengan antibiotik harus diberikan dengan adanya anjuran dokter atau praktisi kesehatan lainnya.
Kapan harus berkonsultasi pada dokter atau praktisi kesehatan lainnya?
Secara umum, pilek dapat diobati di rumah dan dikelola dengan obat-obatan yang dijual bebas. Namun, jika Anda merasa telah mengalami gejala-gejala yang lebih berat seperti menggigil, demam tinggi (lebih dari 38.9 °C), sakit kepala atau leher pegal, mual, muntah, sesak napas atau nyeri dada, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau praktisi kesehatan dengan segera.
Jika Anda memiliki sakit tenggorokan dan demam dengan tidak ada gejala pilek, anda juga harus berobat ke dokter. Penyakit ini mungkin radang tenggorokan, suatu infeksi bakteri yang memerlukan pengobatan dengan antibiotik.
Terakhir kali, jika Anda mengalami nyeri tubuh dan adanya cairan kuning/hijau dari hidung Anda disertai dengan demam, mungkin saja Anda terjangkit infeksi sinus (sinusitis) yang membutuhkan evaluasi kesehatan dan mendapatkan antibiotic.

Disadur dan diterjemahkan dari berbagai sumber
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger