Home » » BELAJAR CARA MENJADI DJ

BELAJAR CARA MENJADI DJ

Written By made oka jaya diputra on Wednesday, February 2, 2011 | 10:05 PM


Gw tuh sering banget di tanya ma temen-temen. Bro, gimana sih cara menjadi dj atau ngedj? jawabanya ya simple aja. Mau belajar, suka music, punya kemauan yang kuat, punya telinga..he.he. plus gaul. tapi jangan kebanyakan gaul ntar ancur. Belajar menjadi DJ ada banyak caranya tapi yang umum seperti ini:

Cara 1. kursus DJ.
Yang sekarang sudah banyak sekolah dj bertebaran se indonesia.
di jakarta apalagi, baaanyak banget..RUMUS contohnya di jakarta.
Terus
Cara 2. belajar sama temen private istilahnya.

kaya gw dulu.Selanjutnya gw kembangin sendiri.Sebab temen gw cuma ngasih teknik-teknik basicnya waktu itu. dan anehnya temen gw malah berubah profesi jadi manager di LAS VEGAS BILYARD AND KARAOKE , tangerang bro, bukan U.S.A sekaligus sound enginer .Bagaimana cara gw ngembagin adalah datang ke club, cafe yang ada DJ nya gw dengerin dengan serius kaya nonton film romantis hik..hik atau cuma dengerin mixtape nya DJ yang dah jago. seperti si (iwak k)

Cara 3. belajar otodidak alias belajar sendiri..

nah kalo belajar sendiri caranya gimana?? pertama ya mesti punya alat,bro.Yang harganya lumayan mahal. satu set kalo baru kayak cdj 1000mk2, mixer , nyampe 15 jeti lebih.. kalo second bisa 10 jetian. kalo ente punya duit and minat banget jadi dj beli aja, bro. toh nanti kalo dah tenar kaya dj riri, dj bobby, dj romy and lainnya modal yang kita keluarin bisa berlipat2 baliknya..gak tenar aja duitnya bisa balik lagi..soalnya bro, dj baru aja sekarang main 2 jam aja dah 300ribu-500rb, minim lo. tergantung nego si. Kalo belajar sendiri cara gampangnya adalah nongkrong dideket dj lagi main. liatin semua geraknya terutama tanganya..atau sering2 aja baca postingan gw he.he

Tapi gw gak punya duit buat beli alat yang mahal?? gampang pake aja laptop atau pc tambah software. kaya virtual dj yang masih gw sering pake buat ngemix ma normalin lagu yang bpm nya ngaco. software lainya,tracktor dj, bpm, mobile dj, and ect. spek pake computer pa laptop baca disini. bahasa inggris kalo gak ngerti jangan di baca,lihat gambar aja..hik..hik. atau klick aja google translate. syukur gak ngaco terjemahannya. kalo pake software ane pikir masih kejangkau lah ma kocek.modal pc, soundcard/usb sound software, headphone ma speaker aktif. ngirit kan?

kalo kursus berapa duit bro? kalo gak salah kisaran 3.5 jeti per brapa kali pertemuan atau bulanan. tapi ada juga sih yang murah. maklum persaingan.kalo daerah jakarta tuh di bekasi terhitung murah. Weleh..weleh..lumayan mahal juga ya..habis dong uang bulanan gw. maklum masih kuliah bro..cekak.kak.kak. 7x.

Yo wes kalo mahal. anak kuliah biasanya punya laptop atau pc dengan metode INTERNAL MIXER SETTING asal spek cukup bisa kok buat ngedj. spek detailnya disini
Kursus entar dulu deh. gw mo blajar sendiri dulu. Caranya gimana bro..? Nah lo mo belajar pake alat kaya cdj 1000 pa pake software? Kalo pake alat kan mesti punya bro. siapa bilang?? banyak kok Rental yang nyewain alat buat DJ. perjam mbayarnya. Oya !??
Ya, iyalah..! gak pake ya iya dong lho... di jakarta dah banyak yang Rental alat dj daerah jawa gw gak tahu..

Aseeeeik. Gw besok ke rental bro..
Eittt!! tunggu dulu. Lo mo ngerusakin alat apa?? belajar dj tuh gak asal nyetel musik. mesti tahu juga tekniknya, ma lo mo mesti tentuin dulu GENRE musik lo. contohnya:
GENRE: house, electro house, progressive, trance, tribal, Hip-hop. Genre musik ini umum buat dj. dan lo mesti tahu juga apa itu dj?? siapa itu DJ dan macam-macam dj ? baca disini. Secara sederhana Dj atau DISC JOKEY adalah orang yang memutar, memainkannya musik atau lagu menggunakan teknik dan alat tertentu. seperti CD audio, mp3, piringan hitam (PH) dan media lainya.

Terus teknik-teknik nya gimana,bro??
lanjut besok ya bro w ngantuk banget...maklum habis begadang mo baca versi english disini

Article terkait by Categories

CARA MENJADI DJ
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger