Home » » aksara bali lengkap dan penggertiaannya

aksara bali lengkap dan penggertiaannya

Written By made oka jaya diputra on Wednesday, February 2, 2011 | 1:07 AM

Aksara Bali adalah aksara tradisional masyarakat Bali dan berkembang di Bali. Aksara Bali merupakan suatu abugida yang berpangkal pada huruf Pallawa. Aksara ini mirip dengan aksara Jawa. Perbedaannya terletak pada lekukan bentuk huruf.
Aksara Bali berjumlah 47 karakter, 14 di antaranya merupakan huruf vokal (aksara suara). Huruf konsonan (aksara wianjana) berjumlah 33 karakter. Aksara wianjana Bali yang biasa digunakan berjumlah 18 karakter. Juga terdapat aksara wianjana Kawi yang digunakan pada kata-kata tertentu, terutama kata-kata yang dipengaruhi bahasa Kawi dan Sanskerta.
Meski ada aksara wianjana Kawi yang berisi intonasi nada tertentu, pengucapannya sering disetarakan dengan aksara wianjana Bali. Misalnya, aksara dirgha (pengucapan panjang) yang seharusnya dibaca panjang, seringkali dibaca seperti aksara hresua (pengucapan pendek).

Warga aksara

Osthya Dantya Murdhanya Talawya Kanthya
Labiaal.JPG
Dental.png
Retroflex.png
Palataal.JPG
Velaar.JPG
Dalam aksara Bali, terdapat suatu sistem pengelompokkan huruf menurut dasar pengucapannya yang disebut warga aksara. Dalam bahasa Bali, warga berarti "jenis"/"kelompok" dan aksara berarti "huruf"/"lambang penulisan", bukan sistem tulisan. Dalam aturan menulis aksara Bali, ada 5 warga aksara yang utama, yaitu:[1]
  • Kanthya. Warga kanthya adalah kelompok fonem yang berasal dari langit-langit dekat kerongkongan. Beberapa di antaranya termasuk konsonan celah suara. Yang termasuk warga kanthya adalah konsonan langit-langit belakang/guttural dan celah suara (glotal). Huruf konsonan yang termasuk warga kanthya terdiri dari: Ka (k), Ga (g), Ga gora (gh), Nga (ng). Sedangkan huruf vokal yang termasuk warga kanthya adalah A.
  • Talawya. Warga talawya adalah kelompok fonem yang berasal dari langit-langit mulut. Yang termasuk warga talawya adalah konsonan langit-langit/palatal. Huruf konsonan yang termasuk warga talawya terdiri dari: Ca murca (c), Ca laca (ch), Ja (j), Ja jera (jh), Nya (ny), Sa saga (sy). Sedangkan huruf vokal yang termasuk warga talawya adalah I.
  • Osthya. Warga osthya adalah kelompok fonem yang berasal dari pertemuan bibir atas dan bawah. Yang termasuk warga oshtya adalah konsonan dwibibir/labial. Huruf konsonan yang termasuk warga talawya terdiri dari: Pa (p), Pa kapal (ph), Ba (b), Ba kembang (bh), Ma (m), Wa (w). Sedangkan huruf vokal yang termasuk warga talawya adalah U.

[sunting] Aksara suara (vokal)

Aksara suara disebut pula huruf vokal/huruf hidup dalam aksara Bali. Fungsi aksara suara sama seperti fungsi huruf vokal dalam huruf Latin. Jika suatu aksara wianjana (konsonan) diberi salah satu pangangge (tanda diakritik) aksara suara, maka cara baca aksara wianjana tersebut juga berubah, sesuai dengan fungsi pangangge yang melekati aksara wianjana tersebut. Berikut ini adalah aksara suara dalam aksara Bali:

Warga aksara Aksara suara hresua
(huruf vokal pendek)
Nama Aksara suara dirgha
(huruf vokal panjang)
Aksara Bali Huruf Latin Alfabet Fonetis Internasional Aksara Bali Huruf Latin Alfabet Fonetis Internasional
Kantya
(tenggorokan)
Bali A-Kara.png
A [a] A kara
Bali A-Kara Dirgha.png
Ā [ɑː]
Talawya
(langit-langit lembut)
Bali I-Kara.png
I [i] I kara
Bali I-Kara Dirgha.png
Ī [iː]
Murdhanya
(langit-langit keras)
Bali Rarepa.png
[ɹ̩] Ra repa
Bali Rarepa matedung.png
[ɹ̩ː]
Dantya
(gigi)
Bali 2, Lalenga.png
[l̩] La lenga
Bali Lalenga dirgha.png
[l̩ː]
Osthya
(bibir)
Bali U-Kara.png
U [u] U kara
Bali U-Kara Dirgha.png
Ū [uː]
Kanthya-talawya
(tenggorokan & langit-langit lembut)
Bali 6, E.png
E [e]; [ɛ] E kara (E)
Airsanya (Ai)
Bali Jha, Ai.png
E; Ai [e]; [aːi]
Kanthya-osthya
(tenggorokan & bibir)
Bali 3, O.png
O [o]; [ɔ] O kara
Bali O-Kara Dirgha.png
O; Au [o]; [aːu]

[sunting] Aksara wianjana (konsonan)

Aksara wianjana disebut pula konsonan atau huruf mati dalam aksara Bali. Meskipun penulisannya tanpa huruf vokal, setiap aksara dibaca seolah-olah dibubuhi huruf vokal /a/ atau /ə/[3] karena merupakan suatu abugida. Selama aksara wianjana tidak dibubuhi pangangge aksara suara (tanda huruf vokal: i, u, é, o, ě, ai, au), maka aksara tersebut dianggap dibubuhi vokal /a/ atau /ə/.[3] Jika menulis dengan huruf latin, kata "na" merupakan gabungan dari huruf konsonan /n/ dan vokal /a/. Dalam aksara Bali, kata "na" disimbolkan dengan satu huruf saja, bukan gabungan dari huruf konsonan "n" dan huruf vokal "a".
Dalam bahasa Bali, huruf Ha tidak dibaca saat digunakan pada permulaan kata. Biasanya, meskipun dalam penulisan kata menggunakan huruf Ha, bunyi konsonan /h/, yang diucapkan hanya vokalnya saja. Contohnya, dalam penulisan kata "hujan", dipakai huruf Ha di depan kata. Namun pada saat membaca kata "hujan", orang Bali lebih memilih tidak mengucapkan /hu/, melainkan hanya mengucapkan /u/. Jadi yang diucapkan adalah /ud͡ʒan/.[4]
Aksara ardhasuara adalah semivokal. Kata ardhasuara (dari bahasa Sanskerta) secara harfiah berarti "setengah suara" atau semivokal. Dengan kata lain, aksara ardhasuara tidak sepenuhnya huruf konsonan, tidak pula huruf vokal. Yang termasuk kelompok aksara ardhasuara adalah Ya, Ra, La, Wa. Gantungan-nya termasuk pangangge aksara (kecuali gantungan La), yaitu nania (gantungan Ya); suku kembung (gantungan Wa); dan guwung atau cakra (gantungan Ra). Kata-kata yang diucapkan cepat, seolah-olah vokalnya dipangkas, menggunakan gantungan aksara ardhasuara. Contoh kata: "pria" (bukan "peria"); "satwa" (bukan "satuwa"); "satya" (bukan "satiya"); "proklamasi" (bukan "perokelamasi").


Warga aksara Pancawalimukha Ardhasuara
(semivokal)
Usma(desis) Wisarga
(desah)
Tajam
(bersuara)
Lembut
(nirsuara)
Nasal/
sengau
Alpaprana Mahaprana Alpaprana Mahaprana
Kanthya
(tenggorokan)
Bali Ka.png
(Ka)
Ka
Bali Kha.png
(Kha)
Ka mahaprana
Bali Ga.png
(Ga)
Ga
Bali Gha.png
(Gha)
Ga gora
Bali Nga.png
(Nga)
Nga

Bali Ha.png
(Ha)
Ha
Talawya
(langit-langit lembut)
Bali Ca.png
(Ca)
Ca murca
Bali Calaca.png
(Cha)
Ca laca
Bali Ja.png
(Ja)
Ja
Bali Jha, Ai.png
(Jha)
Ja jera
Bali Nya.png
(Nya)
Nya
Bali Ya.png
(Ya)
Ya
Bali Sha.png
(Śa)
Sa saga

Murdhanya
(langit-langit keras)
Bali Tta.png
(Ṭa)
Ta latik
Bali Ttaa.png
(Ṭha)
Ta latik[5]
Bali Dda.png
(Ḍa)
Da madu m.[6]
Bali Ddaa.png
(Ḍha)
Da madu m.[7]
Bali Nna.png
(Ṇa)
Na rambat
Bali Ra.png
(Ra)
Ra
Bali Ssa.png
(Ṣa)
Sa sapa
Dantya
(gigi)
Bali Ta.png
(Ta)
Ta
Bali Tha.png
(Tha)
Ta tawa
Bali Da.png
(Da)
Da lindung
Bali Dha.png
(Dha)
Da madu
Bali Na.png
(Na)
Na kojong
Bali La.png
(La)
La
Bali Sa.png
(Sa)
Sa danti
Osthya
(bibir)
Bali Ba.png
(Ba)
Ba
Bali Bha.png
(Bha)
Ba kembang
Bali Pa.png
(Pa)
Pa
Bali 8, Pha.png
(Pha)
Pa kapal
Bali Ma.png
(Ma)
Ma
Bali Wa.png
(Wa)
Wa


[sunting] Pangangge

Pangangge (lafal: /pəŋaŋge/) atau dalam bahasa Jawa disebut sandhangan, adalah lambang yang tidak dapat berdiri sendiri, ditulis dengan melekati suatu aksara wianjana maupun aksara suara dan mempengaruhi cara membaca dan menulis aksara Bali. Ada berbagai jenis pangangge, antara lain pangangge suara, pangangge tengenan (lafal: /t̪əŋənan/), dan pangangge aksara.

[sunting] Pangangge suara

Bila suatu aksara wianjana (konsonan) dibubuhi pangangge aksara suara (vokal), maka cara baca aksara tersebut akan berubah. Contoh: huruf Na dibubuhi ulu dibaca Ni; Ka dibubuhi suku dibaca Ku; Ca dibubuhi taling dibaca Cé. Untuk huruf Ha ada pengecualian. Kadangkala bunyi /h/ diucapkan, kadangkala tidak. Hal itu tergantung pada kata dan kalimat yang ditulis.

Warga aksara Aksara Bali Huruf Latin Alfabet Fonetis Internasional Letak penulisan Nama
Kanthya
(tenggorokan)
Suara hresua
(vokal pendek)
Bali Pepet.png
e; ě [ə] di atas huruf pepet
Suara dirgha
(vokal panjang)
Bali Tedong.png
ā [aː] di belakang huruf tedung
Talawya
(langit-langit lembut)
Suara hresua
(vokal pendek)
Bali Ulu.png
i [i] di atas huruf ulu
Suara dirgha
(vokal panjang)
Bali Ulu-Sari.png
ī [iː] di atas huruf ulu sari
Murdhanya
(langit-langit keras)
Suara hresua
(vokal pendek)
Bali G. Rarepa.png
re; ṛ [rə] di bawah huruf guwung macelek
Suara dirgha
(vokal panjang)
Bali Guwung Macelek matedung.png
[rəː] kombinasi di belakang dan bawah huruf guwung macelek matedung
Dantya
(gigi)
Suara hresua
(vokal pendek)
Bali G. La mapepet.png
le; ḷ [lə] kombinasi di atas dan bawah huruf gantungan La mapepet
Suara dirgha
(vokal panjang)
Bali G. La mapepet matedung.png
[ləː] kombinasi di atas, bawah, dan belakang huruf gantungan La mapepet lan matedung
Osthya
(bibir)
Suara hresua
(vokal pendek)
Bali Suku.png
u [u] di bawah huruf suku
Suara dirgha
(vokal panjang)
Bali Suku-Ilut.png
ū [uː] di bawah huruf suku ilut
Kanthya-talawya
(tenggorokan & langit-langit lembut)
Suara hresua
(vokal pendek)
Bali Taleng.png
e; é [e]; [ɛ] di depan huruf taling
Suara dirgha
(vokal panjang)
Bali Taleng-Detya.png
e; ai [e]; [aːi] di depan huruf taling detya
Kanthya-osthya
(tenggorokan & bibir)
Suara hresua
(vokal pendek)
Bali Taleng-Tedong.png
o [o]; [ɔ] mengapit huruf taling tedung
Suara dirgha
(vokal panjang)
Bali Taleng-Detya-Tedong.png
o; au [o]; [aːu] mengapit huruf taling detya matedung

[sunting] Pangangge tengenan

Pangangge tengenan (kecuali adeg-adeg) merupakan aksara wianjana yang bunyi vokal /a/-nya tidak ada. Pangangge tengenan terdiri dari: bisah, cecek, surang, dan adeg-adeg. Jika dibandingkan dengan aksara Dewanagari, tanda bisah berfungsi sama seperti tanda wisarga; tanda cecek berfungsi seperti tanda anusuara; tanda adeg-adeg berfungsi seperti tanda wirama.
Simbol Alfabet Fonetis
Internasional
Letak penulisan Nama
Bali Bisah.png
[h] di belakang huruf bisah
Bali Surang.png
[r] di atas huruf surang
Bali Cecek.png
[ŋ] di atas huruf cecek
Bali Adeg-Adeg.png
- di belakang huruf adeg-adeg

[sunting] Pangangge aksara

Pangangge aksara letaknya di bawah aksara wianjana. Pangangge aksara (kecuali La) merupakan gantungan aksara ardhasuara. Pangangge aksara terdiri dari:
Simbol Alfabet Fonetis
Internasional
Nama
Bali G. Ra, Cakra.png
[r] guwung/cakra
Bali G. Wa, Suku-Kembung.png
[w] suku kembung
Bali G. Ya, Nania.png
[j] nania

[sunting] Gantungan

Karena adeg-adeg tidak boleh dipasang di tengah dan kalimat, maka agar aksara wianjana bisa "mati" (tanpa vokal) di tengah kalimat dipakailah gantungan. Gantungan membuat aksara wianjana yang dilekatinya tidak bisa lagi diucapkan dengan huruf "a", misalnya aksara Na dibaca /n/; huruf Ka dibaca /k/, dan sebagainya. Dengan demikian, tidak ada vokal /a/ pada aksara wianjana seperti semestinya. Setiap aksara wianjana memiliki gantungan tersendiri. Untuk "mematikan" suatu aksara dengan menggunakan gantungan, aksara yang hendak dimatikan harus dilekatkan dengan gantungan. Misalnya jika menulis kata "Nda", huruf Na harus dimatikan. Maka, huruf Na dilekatkan dengan gantungan Da. Karena huruf Na dilekati oleh gantungan Da, maka Na diucapkan /n/.
Gantungan dan pangangge diperbolehkan melekat pada satu huruf yang sama, namun bila dua gantungan melekat di bawah huruf yang sama, tidak diperbolehkan. Kondisi dimana ada dua gantungan yang melekat di bawah suatu huruf yang sama disebut tumpuk telu (tiga tumpukan). Untuk menghindari hal tersebut maka penggunaan adeg-adeg di tengah kata diperbolehkan.[8]

[sunting] Pasang pageh

Dalam lontar, kakawin dan kitab-kitab dari zaman Jawa-Bali Kuno banyak ditemukan berbagai aksara wianjana khusus, beserta gantungannya yang istimewa. Penulisan aksara seperti itu disebut pasang pageh, karena cara penulisannya memang demikian, tidak dapat diubah lagi.[9] Aksara-aksara tersebut juga memiliki nama, misalnya Na rambat, Ta latik, Ga gora, Ba kembang, dan sebagainya. Hal itu disebabkan karena setiap aksara harus diucapkan dengan intonasi yang benar, sesuai dengan nama aksara tersebut. Namun kini ucapan-ucapan untuk setiap aksara tidak seperti dulu.[10] Aksara mahaprana (hembusan besar) diucapkan sama seperti aksara alpaprana (hembusan kecil). Aksara dirgha (suara panjang) diucapkan sama seperti aksara hrasua (suara pendek). Aksara usma (desis) diucapkan biasa saja. Meskipun cara pengucapan sudah tidak dihiraukan lagi dalam membaca, namun dalam penulisan, pasang pageh harus tetap diperhatikan.
Pasang pageh berguna untuk membedakan suatu homonim. Misalnya:
Aksara Bali Aksara Latin
(IAST)
Arti
Asta Bali.png
asta adalah
Astha Bali.png
astha tulang
Ashtha Bali.png
aṣṭa delapan
Pada Bali.png
pada tanah, bumi
Paada Bali.png
pāda kaki
Padha Bali.png
padha sama-sama

[sunting] Aksara maduita

Aksara maduita khusus digunakan pada bahasa serapan. Umumnya orang Bali menyerap kata-kata dari bahasa Sanskerta dan Kawi untuk menambah kosakata. Contoh penggunaan aksara maduita:
Aksara Bali Aksara Latin
(IAST)
Arti
Buddha Bali.png
Buddha Yang telah sadar
Yuddha Bali.png
Yuddha perang
Bhinna Bali.png
Bhinna beda
Dengan melihat contoh di atas, ternyata ada huruf konsonan yang ditulis dua kali. Hal tersebut merupakan ciri-ciri aksara maduita.

[sunting] Angka

Aksara Bali Aksara Latin Nama (dalam bhs. Bali)
Aksara Bali Aksara Latin Nama (dalam bhs. Bali)
Bali 0.png
0 Bindu/Windu
Bali 5.png
5 Lima
Bali 1.png
1 Siki/Besik
Bali 6, E.png
6 Nem
Bali 2, Lalenga.png
2 Kalih/Dua
Bali 7.png
7 Pitu
Bali 3, O.png
3 Tiga/Telu
Bali 8, Pha.png
8 Kutus
Bali 4.png
4 Papat
Bali 9.png
9 Sanga/Sia
Menulis angka dengan menggunakan angka Bali sangat sederhana, sama seperti sistem dalam aksara Jawa dan Arab. Bila hendak menulis angka 10, cukup dengan menulis angka 1 dan 0 menurut angka Bali. Demikian pula jika menulis angka 25, cukup menulis angka 2 dan 5. Bila angka ditulis di tengah kalimat, untuk membedakan angka dengan huruf maka diwajibkan untuk menggunakan tanda carik, di awal dan di akhir angka yang ditulis.
Di bawah ini contoh penulisan tanggal dengan menggunakan angka Bali (tanggal: 1 Juli 1982; lokasi: Bali):

Aksara Bali Transliterasi dengan Huruf Latin
Bali, 1 Juli 1982.
Bali, 1 Juli 1982.

Pada contoh penulisan di atas, angka diapit oleh tanda carik untuk membedakannya dengan huruf.

[sunting] Tanda baca dan aksara khusus

Ada beberapa aksara khusus dalam aksara Bali. Beberapa di antaranya merupakan tanda baca, dan yang lainnya merupakan simbol istimewa karena dianggap keramat. Beberapa di antaranya diuraikan sebagai berikut:
Simbol Nama Keterangan
Bali Carik1.png
Carik atau Carik Siki. Ditulis pada akhir kata di tengah kalimat. Fungsinya sama dengan koma dalam huruf Latin. Dipakai juga untuk mengapit aksara anceng.
Bali Carik2.png
Carik Kalih atau Carik Pareren. Ditulis pada akhir kalimat. Fungsinya sama dengan titik dalam huruf Latin.
Bali Pamungkah.png
Carik pamungkah. Dipakai pada akhir kata. Fungsinya sama dengan tanda titik dua pada huruf Latin.
Center Pasalinan. Dipakai pada akhir penulisan karangan, surat dan sebagainya. Pada geguritan bermakna sebagai tanda pergantian tembang.
Bali Panti.png
Panten atau Panti. Dipakai pada permulaan suatu karangan, surat dan sebagainya.
Bali Pamada.png
Pamada. Dipakai pada awal penulisan. Tujuannya sama dengan pengucapan awighnamastu, yaitu berharap supaya apa yang dikerjakan dapat berhasil tanpa rintangan.
Bali Omkara.png
Ongkara. Simbol suci umat Hindu. Simbol ini dibaca "Ong" atau "Om".

[sunting] Catatan kaki

  1. ^ Surada, hal. 6-7.
  2. ^ Susungguhnya Sa termasuk konsonan alveolar, namun secara tradisional dimasukkan ke dalam konsonan dental.
  3. ^ a b Dibaca /ə/ bila tertulis di akhir kata/pada suku kata terakhir.
  4. ^ Tinggen, hal. 16.
  5. ^ Disamakan saja atau diberi tedung.
  6. ^ disebut Da madu murdania.
  7. ^ Jarang ditemukan dalam aksara Bali. Disamakan saja dengan Da madu murdania, hanya diberi tedung.
  8. ^ Tinggen, hal. 27.
  9. ^ Simpen, hal. 44.
  10. ^ Tinggen, hal. 7

[sunting] Referensi

  • Tinggen, I Nengah. 1993. Pedoman Perubahan Ejaan Bahasa Bali dengan Huruf Latin dan Huruf Bali. Singaraja: UD. Rikha.
  • Surada, I Made. 2007. Kamus Sanskerta-Indonesia. Surabaya: Penerbit Paramitha.
  • Simpen, I Wayan. Pasang Aksara Bali. Diterbitkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Daerah Tingkat I Bali.

[sunting] Pranala luar


Share this article :

6 comments:

  1. Sukseme bli. posting"an yang seperti ini sangat membantu tiang yang sedang belajar menulis dan membaca aksara Bali.

    ReplyDelete
  2. Aѕ the ѕtаges worѕеn, the ρatiеnt will be unable to recоgnize
    уour face and who you are and they will not knοw
    what yeaг thеy are in or ωhеre thеy are.
    Usuallу cοntinuous maѕsage for 25-30 minuteѕ over a paгtіcular plaсe like vertebrаe etc
    will help oil reаch up to bones. Τhe digestive and сirculatοry systеmѕ are
    impгoved, getting blood flowing through thе body.
    Tгy to uѕe сircular moѵеmentѕ оvеr joіnts anԁ up-and-dοwn
    ѕtrokes over long bonеѕ.
    In all likelihood, уou will alsο bе sеeing a physiсal (physіo) therapist.
    Many times the οrgasms rеached ωhеn pгostate mаssage is involved аre highly intense.

    Thе field of sρеeсh-language pаthology, or ѕpeech
    therаpy, iѕ eѵοlving rapіdly with а gгowіng numbeг of
    ϳоb openingѕ in the united statеs.
    I see the huge guys that neеd massagе beсauѕe their muscleѕ aгe
    so hуper-tοnic (chrοnicallу contracted),
    and at thе оppositе extreme, womеn
    over 40 that never worκeԁ out habituallу throughout lifе anԁ so theiг
    large back muscles and core muѕcles are ωeak, whіch causes
    low back or thoracіc paіn.

    mу blog post ... erotic massage in London
    Feel free to visit my web-site sensual massage London

    ReplyDelete
  3. yes, akhirnya dapet acuan buat belajar lagi, soalnya saya dulu tau cuma dasar dasarnya aja, sekarang saatnya pendalaman, yeeehhaaaaa

    ReplyDelete
  4. yes akhirnya dapat acuan, makasi banyak ya penulis

    ReplyDelete
  5. sekarang saya baru tahu angka bali. bagaimana caranya menulis huruf suci dasaksara

    ReplyDelete

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger