Home » » 5 Profesi Awal Lulusan Teknik Informatika

5 Profesi Awal Lulusan Teknik Informatika

Written By made oka jaya diputra on Wednesday, February 2, 2011 | 2:17 PM

bingung memilih profesi
Apabila anda seorang mahasiswa jurusan teknik informatika, teknik komputer atau jurusan lainnya yang sejenis, mungkin saat ini anda masih berpikir profesi yang nanti akan dijalankan sesuai dengan ilmu yang telah dipelajari. Namun kenyataannya banyak lulusan yang menjalankan tidak sesuai dengan jurusannya. Dalam tulisan ini saya akan menjelaskan profesi-profesi setelah anda lulus nanti.

IT Support

Paling banyak lulusan teknik informatika yang mengambil profesi ini, mereka menganggap bahwa profesi ini paling mudah. Cukup dengan memiliki kemampuan untuk memperbaiki komputer, install software, atau membuat jaringan komputer. Profesi ini harus dapat mengatasi masalah pada komputer dalam kondisi kritis, misalnya terserangnya sistem komputer oleh virus. Selain itu profesi ini harus mengerti dan selalu update tips dan tricks aplikasi office, atau lainnya. Banyak pengguna yang masih membutuhkan bantuan dalam mengoperasikan aplikasi office atau aplikasi lainnya.

Programmer

Profesi ini dapat membuat orang bangga kepada anda, mereka berfikir bahwa programmer itu pintar, gaji nya lumayan besar, dan inilah yang membuat profesi ini mempunyai nilai lebih. Di Indonesia masih banyak orang maupun perusahaan yang menganggap bahwa pekerjaan programmer sangat sulit dilakukan dan sangat jarang orang yang mampu mengerjakannya. Namun masih ada juga perusahaan yang belum mengerti pekerjaan programmer, sebagai contoh menjabat sebagai programmer namun menguasai seluruh IT (merangkap jabatan) di perusahaan tersebut, padahal pekerjaan membuat program saja sudah sangat sulit. Hal inilah yang disebabkan oleh keterbatasan sumber daya manusia dan biaya di perusahaan itu.

Software Tester

Tidak sedikit lulusan jurusan ini berkecimpung sebagai tester namun banyak juga lulusan yang belum mengetahui profesi ini. Pekerjaannya terlihat sebagai penguji, namun cukup menyenangkan. Anda suatu saat bisa menjadi programmer yang handal apabila pernah terjun sebagai tester. Ini berarti bahwa kemampuan software yang telah dibuat akan lebih baik lagi, dimana kemampuan si tester ini untuk mencari kekurangan pada software yang telah dibuat.

System Analyst

Paling jarang diminati yaitu profesi sebagai system analyst, dan memang jarang perusahaan yang langsung merekrut mereka yang baru lulus kuliah pada profesi ini, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa dapat juga langsung terjun sebagai analyst, tapi umumnya adalah sebelum terjun di profesi ini, profesi programmer sebagai batu loncatan mereka.

Lainnya

Selain profesi yang telah disebutkan di atas, sangat banyak mereka yang baru lulus berprofesi yang tidak sesuai dengan jurusannya, tapi keuntungan sebagai lulusan teknik informatika yaitu minimum kemampuan dalam mengoperasikan computer sudah dimiliki. Memang operasional perusahaan-perusahaan zaman sekarang tidak terlepas pada penggunaan system komputer.
Pilihan yang telah disebutkan merupakan keputusan anda sendiri, namun pertimbangkanlah masa depan. Anda jangan merasa cukup dengan kemampuan anda, tapi terus kembangkan.
Partners
Teenage Love Advice, Dating For Teens
Teenagers looking for love. Teenagers in love. Teen dating. Dates for teens. Teenage love triangle. Teen love. Too young to date? All you need to know for safe and effective dating. A teens and parents guide to teenage dates and relationships.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger