Home » » cara buat kamus

cara buat kamus

Written By made oka jaya diputra on Friday, January 14, 2011 | 11:02 PM

Membuat Kamus Sendiri di Stardict

StarDict merupakan Cross-Platform dan software kamus internasional. Stardict mempunyai fitur seperti “Glob-style pattern matching”, “Scan selection word,” “Fuzzy query”, dll. Sekarang, Stardict telah mencapai versi 3.0.1, dan semenjak versi 3.0 telah dikembangkan berbagai fungsi baru, seperti Full-text translation, Net Dict. Anda dapat mendownload aplikasi stardict di sini dan untuk Windows dapat langsung didownload di sini.
Anda juga dapat menambahkan kamus-kamus baru sesuai dengan keinginan Anda. Misalkan: Anda membutuhkan kamus english to Spanish, atau mungkin sebaliknya, maka Anda dapat mendownload file tarball di sini. Pada link tersebut, terdapat banyak pilihan-pilihan, salah satunya link ini. File tarball yang telah Anda download, diekstrak ke folder [StarDict]\dic, yang mana [StarDict] adalah lokasi hasil installasi StarDict. File tarball dapat diekstrak dengan menggunakan winrar.

Selain mendownload kamus stardict yang sudah jadi, Anda dapat membuatnya sendiri berdasarkan manual ini. Pada manual tersebut, telah disebutkan langkah-langkahnya hingga dictionary/kamus buatan Anda sendiri dapat dijalankan di stardict.
Langkah-langkah yang telah saya lakukan untuk membuat kamus PERCOBAAN berdasarkan manual tersebut pada OS Windows XP SP2.
  1. Install stardict-editor dan GTK
  2. Download stardict-tools kemudian ekstrak file tarball tersebut dengan menggunakan winrar. Pada folder src/ terdapat berbagai tools yang telah disediakan, diantaranya adalah tabfile, babylon, stardict2txt, stardict_verify. Pada kesempatan ini, saya mengunakan tabfile.
  3. Buatlah file dict.tab, semisal isi dari dict.tab adalah sbb:
    dict.tab
    !! perlu diingat bahwa pada file tersebut “\n” menandakan enter, dan pada akhir baris harus diberi enter 1 kali !!
    Maka, apabila kamus berhasil dibuat dan kita mengetik huruf a maka yang akan tertampil di stardict adalah , dst
  4. Selanjutnya, compile file dict.tab tersebut dengan menggunakan stardict-editor

    apabila berhasil, akan dihasilkan file “dict.ifo”, “dict.dict” dan “dict.idx”
  5. Sebagai opsional, Anda dapat mengedit file “dict.ifo” seperti yang terdapat pada file [stardict-tools]\src\example.ifo
  6. Tahap terakhir adalah memindahkan ketiga file tersebut (.ifo, .dict, dan .idx) ke dalam folder [StarDict]\dic\nama_folder_kamus_anda, dan silakan di uji coba
SEMOGA BERHASIL….
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger