Home » » Merapikan Koleksi Mp3

Merapikan Koleksi Mp3

Written By made oka jaya diputra on Sunday, October 17, 2010 | 3:26 AM

18 February 2010

Pembaca yang budiman, bolehkan kalo tulisan kali ini kita tidak membahas tentang pemrograman Java? Biar tidak terlalu monoton saja. Sekali-kali berbagi tentang non Programming.
Kali ini saya ingin berbagi tentang cara mudah merapikan koleksi MP3 yang kita miliki mungkin di Hard-Drive komputer kita. Seperti yang mungkin sama-sama telah kita ketahui bahwa file musik mp3 mempunyai tag-tag yang bisa dibaca oleh media player seperti Winamp, Windows Media Player atau player-player lainnya. Tag-tag itu berisi informasi seperti Judul lagu, artist, track, album dan lain-lainnya.
Dari sisi penyimpanan kita bisa membuat koleksi MP3 ini lebih rapi berdasarkan tag-tag tersebut. Misal setiap file MP3 bisa kita beri nama dengan urutan [No Track].[ArtistName] – [Title].mp3 contohnya 01.Dewa - Kangen.mp3. Dengan penamaan file seperti ini, koleksi MP3 kita akan lebih mudah untuk dikenali tentunya.
Dengan teknik merapikan semacam ini, mungkin duplikasi file Mp3 juga bisa kita hindari tentunya. Masalahnya adalah bagaimana jika koleksi Mp3 yang kita miliki sudah mencapai lebih dari 200 file, apa kita harus satu demi satu merubah nama filenya? Meski bisa kita lakukan pada saat senggang, tentunya tetap saja akan makan waktu dan mungkin karena saking banyaknya malah tidak jadi kita rapikan, dan ujungnya tetap saja berantakan. Kita bisa dengan mudah merapikan file-file Mp3 kita tanpa kita harus secara manual merubah nama filenya satu demi satu. Tapi kita butuh beberapa source yang mampu mendukung. Anda siap, mari kita mulai. 1 . Merapikan tag-tag file Mp3 Seperti yang sudah kita ketahui diatas bahwa Mp3 mempunyai tag-tag yang berisi informasi segala hal tentang file mp3 kita. Masalahnya, mungkin ada beberapa file mp3 yang kita download dari internet, atau pemberian teman yang informasinya justru malah tidak sesuai dengan file yang bersangkutan. Untuk melihat tag-tag sebuah file mp3, secara sederhana kita bisa melakukannya dengan membuka windows explorer, kemudian menuju lokasi tempat penyimpanan file mp3 kita. Pada Windows 7 akan terlihat seperti gambar dibawah ini:
Atau jika menggunakan media player seperti Winamp akan terlihat seperti gambar dibawah ini:
Untuk bisa melihat informasi tag tersebut pada winamp, hanya tinggal klik kanan pada salah satu lagu yang ada pada playlist-nya winamp kemudian pilih view file info, atau dengan cara menekan tombol alt+f3 maka window file info seperti diatas pun akan terlihat. Silahkan anda lihat file-file Mp3 anda apakah sudah benar informasinya atau belum. Nah jika ternyata tag-tag informasi file mp3 anda tidak benar, maka dengan sangat mudah anda tinggal menekan tombol Auto-Tag yang ada pada window tersebut. Ketika tombol Auto-Tag anda klik maka Winamp engine akan segera mengakses ke sebuah website bernama http://www.gracenote.com, dan kemudian akan mencari informasi yang benar tentang file yang sedang kita tag saat itu. Tentu saja ini bisa dilakukan jika komputer atau laptop anda terhubung ke internet. Jika tidak terhubung maka mustahil auto-tag anda akan berhasil dilakukan. Gambar dibawah ini adalah yang terjadi ketika kita melakukan auto-Tag:
Sebagai informasi saja, sebenarnya proses Auto-Tag yang dilakukan oleh Winamp ini prosesnya adalah: Winamp me-scan header file Mp3 anda kemudian informasi header file tersebut dikirimkan ke http://www.gracenote.com, dan kemudian gracenote.com pun mengembalikan informasi tag-tag file mp3 yang dikirimkan setelah sebelumnya gracenote.com mencarinya ke dalam database mereka. Pertanyaannya apakah lagu Indonesia ada dalam database gracenote.com. silahkan anda lakukan sendiri, yang pasti adalah saya tidak akan menuliskan artikel ini jika lagu Indonesia tidak ada di dalam database mereka :P. Anda juga bisa melakukan Auto-Tag pada Winamp tersebut secara banyak lagu (many tracks). Caranya adalah seperti yang terlihat pada Tip window tersebut yaitu dengan cara men-select semua lagu yang ada dalam playlist Winamp, kemudian klik kanan dan pilih Send To --> Auto-Tag. Seperti gambar dibawah ini:
Pada gambar tersebut Winamp Auto-Tagger sedang melakukan tagging file-file mp3 yang saya miliki, setelah semuanya selesai, sebaiknya anda cek dulu satu demi satu tag informasi yang sudah di-update dari gracenote.com. Jika memang semuanya sudah benar maka anda tinggal menekan tombol Apply Changes yang ada pada window tersebut. Namun jika salah maka tinggal lakukan uncheck pada lagu yang salah informasinya, kemudian baru menekan tombol Apply Changes tersebut. Dengan cara tersebut maka anda akan menghemat waktu yang sangat banyak untuk melakukan tagging pada file-file MP3 yang anda miliki. Mudah bukan…?
2. Me-rename file Mp3
Setelah tag mp3 telah benar, sekarang saatnya merubah nama file mp3 kita berdasarkan tag yang ada dan sesuai dengan yang kita inginkan. Kita membutuhkan sebuah software yang bisa merubah nama file mp3 berdasarkan pada tag-tag yang ada pada file mp3 tersebut. Software tersebut adalah Mp3Tag. Software ini adalah sebuah software gratis alias free yang dibuat oleh Florian Heidenrich dan bisa di-download dari website-nya di http://www.mp3tag.de/. Software ini mendukung format penamaan file berdasarkan informasi yang ada dalam tag-tag file mp3, dan juga format penamaannya pun bisa kita tentukan sendiri sesuai dengan selera kita. Sebenarnya software ini juga bisa melakukan apa yang dilakukan oleh Winamp diatas, hanya saja database yang dimiliki oleh website-website sumber tag mp3 yang diarahkan oleh software ini masih kurang lengkap. Gambar ini adalah tampilan software ini.
Setelah semua file Mp3 dalam direktori sudah ter-load pada Mp3Tag maka tinggal kita lakukan perubahan nama semua file tersebut dengan cara men-select semua file yang ada, kemudian mengklik menu Convert --> Tag – Filename. Sebuah window kecil akan muncul menyodorkan pilihan format penamaan file, kita bisa memilih format sesuai dengan yang kita inginkan. Disini saya memilih format seperti yang saya sebutkan sebelumnya pada awal tulisan ini [No Track].[ArtistName] – [Judul Lagu].mp3, sehingga format stringnya menjadi seperti ini : $num(%track%,2). %artist% - %title%
Demikianlah artikel ini, semoga pembaca yang budiman dapat menjadikan artikel ini sebagai sesuatu yang berguna bagi kegiatan ber-komputer sehari-hari kita.
Semoga Bermanfaat
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger