Home » » gadget terbaru

gadget terbaru

Written By made oka jaya diputra on Sunday, May 30, 2010 | 5:33 AM

Tiga OS untukTiga Ponsel Pintar HTC

Ditulis pada 05 Mei 2010 oleh Wiwiek Juwono

htcJAKARTA, RABU – Apa sistem operasi yang kamu inginkan ada di ponsel pintar HTC? Android? Brew? Atau Windows Mobile 6.5 Prof? Semuanya ada. Tinggal pilih modelnya.

Jika menginginkan sistem operasi yang sedang ngetrend, Android, pilihlah HTC Legend. Memamerkan layar sentuh AMOLED HVGA 3,1”, tampilan antarmukanya intuitif. Tawaran terbaru HTC ini tidak lagi menggunakan trackball, teapi optical mouse (joystick optical) di bagian tengah. O ya, sistem operasi Android yang dipasang pun adalah versi terbaru, 2.1 (Éclair) dengan HTC Sense.

Legend mengemaskan prosesor Qualcomm MSM 727 600MHz. Ia bisa bekreja di jaringan HSPA/WDCMA 900/1200 MHz dan GSM 850/900/1800/1900 MHz. Koneksi Wi-Fi, Bluetooth 2.1, kamera 5 megapiksel dengan fitur Geotagging, GPS internal, dan FM radio sudah tersedia. Untuk memori, terpasang ROM 512MB dan RAM 384MB, plus slot microSD yang bisa menerima kartu dengan kapasitas 32MB.

Salah satu fitur yang menarik di sini adalah Friend Stream. Melalui fitur ini, pengguna Legend yang punya akun Facebook, Twitter dan flickr tidak perlu keluar masuk setiap aplikasi saat ingin memperbarui statusnya di ketiga situs jejaring sosial tersebut. Sebab statusnya sudah dipampang di satu halaman dan dikelompokkan per aplikasi. Ia tinggal scroll ke atas/bawah. Namun jika ingin mengunduh foto atau lainnya, ia tetap harus masuk ke situs tersebut satu per satu. “Fungsinya memang hanya untuk meng-update status,” kata Agus Sugiharto dari HTC.

Kamu belum ingin ponsel Android? Tak masalah. Kamu bisa memilih HTC Smart yang menggunakan Brew Mobile Platform (BMP). Smart adalah ponsel pintar HTC pertama yang menggunakan BMP. Tampilan dan fiturnya mirip PDA. “Bisa scroll kiri dan kanan, ada tujuh pages,” tutur Agus.

Seperti juga Legend, Smart yang memiliki layar sentuh TFT LCD 2,8” QVGA mengemaskan fitur Friend Stream. Ponsel ini bekerja di jaringan GSM/GPRS/EDGE quad-band (850/900/1800/1900) dan HSPA/WDCMA 2100MHz. Di Smart, kata Agus, meng-SMS makin mudah karena tersedianya format keypad atau QWERTY. Jadi tinggal pilih mana yang lebih biasa kamu pakai.

Kamera di Smart memiliki resolusi 3 megapiksel, lengkap dengan fitur fixed focus dan flashlight. Fitur lainnya mencakup Bluetooth 2.0 with EDR dan A2DP, jack audio stereo 3,5mm, Radio FM, dan slot kartu microSD. Integrasi ke Facebook dan Twitter juga sudah diusung.

Bagaimana jika kamu belum mau pakai ponsel BREW maupun Android? Tidak apa-apa. HTC juga punya ponsel yang pakai sistem operasi ‘konvensional’, Windows Mobile 6.5 Professional. Namanya HTC HD Mini? Mengapa disebut Mini? Karena fiturnya seperti punya HTC HD2 tapi fisiknya mini. Inilah jawaban HTC terhadap permintaan banyak konsumernya yang menginginkan ponsel HTC HD2 tapi dengan layar tidak terlalu besar.

Berlayar sentuh TFT LCD 3,2” dengan resolusi 320×480 (HVGA), HD Mini yang menggunakan prosesor Qualcomm MSM 727 600MHz bisa bekerja di jaringan yang sama dengan Legend. Secara fitur, ia memang juga mirip Legend: kamera 5 megapiksel, Bluetooth 2.1, antena internal GPS, HTC Footprints, slot microSD . Namun ada yang unik di HD Mini. Ponsel pintar ini bisa berfungsi sebagai Wi-Fi router, kendati hanya bisa dipasangkan di laptop. Itu pun maksimal enam. Jika lebih dari itu, menurut Agus, ponsel bisa rusak.

O ya fitur istimewa lainnya adalah wallpaper dengan animasi cuaca, mematikan dering dengan membalik posisi telepon dan mengecilkan volume dering otomatis saat telepon diangkat. Bagaimana dengan Facebook dan Twitter? Tentu sudah terintegrasi dong.

Nah, silakan pilih mana ponsel pintar yang kamu inginkan. Harga HTC Legend diperkirakan Rp 5,75 juta. Sedangkan HTC Smart yang punya tiga warna (pink, putih, hitam) dibandrol Rp 2,25 juta, dan HTC HD Mini di kisaran Rp 5,15 juta.

VN:F [1.8.8_1072]
Rating: 0 (from 0 votes)
  • Share/Bookmark

komentar (1)

Tag: , , , , ,

Akhirnya, HP Membeli Palm

Ditulis pada 29 April 2010 oleh Wiwiek Juwono

Palm_TabletJAKARTA, KAMIS – Pemilik PDA dan PDAphone pasti tidak lupa dengan merek Palm. Namun nama Palm sudah lama tenggelam, terlindas oleh hadirnya ponsel-ponsel pintar.

Gosip-gosip terakhir yang beredar, Palm yang harga sahamnya terus merosot, sedang mencari pembeli. Beberapa nama peminang pun muncul, mulai dari HTC sampai Lenovo.

Namun akhirnya terbetik kabar, HP-lah yang akan membeli Palm dengan harga US$ 1,2 miliar. Akuisisi ini diharapkan tuntas pada 31 Juli, yang merupakan akhir dari kuartal fiskal ketiga HP. CEO Palm Jon Rubinstein akan dipertahankan di perusahaan tersebut.

Dalam akuisisi tersebut, HP tidak cuma akan mengambil alih hardware Palm, tetapi juga Palm webOS. Mengingat sistem operasi mobile ini bisa diterapkan ke sejumlah perangkat mobile, termasuk tablet, webOS akan menjadi sangat berharga bagi HP.

“Sistem operasi Palm yang inovatif menyediakan platform yang ideal untuk memperluas strategi mobilitas HP dan menciptakan pengalaman HP yang unik yang mencakup banyak perangkat mobile,” kata Todd Bradley (Executive Vice President, Personal Systems Group, HP). “Dan, Palm punya aset IP dan tim yang berkemampuan tinggi. Pasar ponsel pintar besar, menguntungkan, dan berkembang cepat, dan perusahaan-perusahaan yang dapat memberikan perangkat dan pengalaman terintegrasi akan mendapatkan bagian yang lebih besar. Kemajuan dalam mobilitas menwarkan banyak peluang penting, dan HP ingin menjadi pemimpin di pasar ini.”

Jadi kita tunggu saja apa yang akan dilakukan HP dengan Palm webOS. Apakah kita akan melihat tablet PC HP dengan sistem operasi webOS? Atau HP berniat menyerang pasar ponsel pintar dan berkompetisi langsung dengan Google, Microsoft, RIM dan Apple?

VN:F [1.8.8_1072]
Rating: 0 (from 0 votes)
  • Share/Bookmark

komentar (0)

Tag: , , , ,

Hadir Akhir April, BlackBerry Storm2

Ditulis pada 22 April 2010 oleh Wiwiek Juwono

blackberry Storm2JAKARTA, JUMAT– Sudah punya BlackBerry? Belum? Atau mau ganti model? Kebetulan! Research In Motion (RIM) baru saja memperkenalkan BlackBerry Storm2. Akhir April ini, kamu dijanjikan sudah akan bisa membelinya dari operator dan distributor resmi RIM di Indonesia.

Apa yang baru di Storm2? Pertama, teknologi SurePress yang diaplikasikan di semua permukaan layar 3,25” ponsel pintar tersebut. Jadi ngetik di keyboard virtual terasa lebih mudah, nyaman dan akurat. Pakai jempol pun bisa. Jadi proses mengetik bisa lebih cepat. Kedua, penggunaan OS baru, BlackBerry OS 5.

Berikut adalah fitur yang ditawarkan Storm2:

  • Desain yang mulus dan tampilan kelas atas dengan sudut-sudut melengkung, aksen dari chrome, dan bagian belakang dengan bahan stainless steel
  • Layar sentuh yang besar (3,25-inci), dengan resolusi 360×480 pada 184 ppi, menghadirkan warna-warna yang tajam dan jernih.
  • Layar sentuh dilengkapi berbagai fungsi terintegrasi (Send, End, Menu, Escape) dan teknologi SurePress baru yang membuat aktivitas-meng-klik layar menjadi sangat mudah
  • Dukungan konektivitas global: Jaringan UMTS/HSPA (2100Mhz), quad-band EDGE/GPRS/GSM dan Wi-Fi (802.11 b/g)
  • Kamera 3,2MP dengan dukungan kemampuan zoom, auto focus, flash dan video recording
  • Flash Memory 256MB
  • Kapasitas memori internal 2GB dan slot untuk kartu memori microSD/SDHD yang mendukung maksimal 16GB saat ini dan 32GB (jika ada).
  • Teknologi untuk menyingkirkan background noise, speakerphone yang bebas distorsi suara dan deteksi wajah (proximity sensor) yang mencegah kesalahan pengetikan dan blanks pada layar saat pengguna menelepon.
  • Media player untuk video, gambar dan musik serta BlackBerry Media Sync untuk kemudahan sinkronisasi foto serta iTunes and Windows Media Player music dengan smartphone*
  • BlackBerry Desktop Manager untuk PC dan Mac yang memungkinkan sinkronisasi data seperti contacts dan calendar appointments antara komputer dan smartphone
  • Jack headset stereo 3,5mm dan dedicated volume controls
  • Bluetooth(2.1 untuk mendukung Secure Simple Pairing, hands-free headsets, stereo headsets, car kits dan periferal Bluetooth lainnya.
  • Built-in GPS yang mendukung aplikasi-aplikasi dan layanan location-based serta geotagging photos
  • Baterai 1400 mAhr yang dapat diganti dan diisi ulang yang memiliki talk time di jaringan 3G selama 6 jam dan standby time 280 jam
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. bli blogen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger